BUNG TOMO KEMBALI HADIR DI ARUS BALIK LEBARAN 2023

30
Apr 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 145x
Kapal Latih 03 Bung Tomo (KL 03 Bung Tomo) milik Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya kembali berpartisipasi dalam mengangkut pemudik secara gratis dari Pelabuhan Penyeberangan Gayam, Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep Madura, menuju ke Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (30/04/2023). Bantuan KL 03 Bung Tomo untuk mengangkut para pemudik dari Pulau Sapudi ini merupakan bentuk sinergitas antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan dengan Ditjen Perhubungan Laut dalam mengantisipasi lonjakan arus balik.
Program arus balik mudik lebaran gratis dengan menggunakan KL 03 Bung Tomo ini terjadwal dua kali keberangkatan, yakni pada Minggu, 30 April 2023 dan Sabtu, 06 Mei 2023. Pada jadwal keberangkatan yang pertama ini, sedikitnya 268 santri dan wali santri yang berasal dari Pulau Sapudi berlayar dengan menggunakan KL 03 Bung Tomo menuju Pelabuhan Jangkar Situbondo, untuk kembali ke pondok pesantren di Situbondo. Seluruh santri yang ikut dalam arus balik gratis kali ini memang berasal dari Pondok Pesantren Wali Songo Situbondo.
Dalam pelayaran arus balik kali ini, Kepala BPSDM Perhubungan, Djoko Sasono, Kepala PPSDM Perhubungan Laut, Ahmad, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala), Hendri Ginting, Kepala KSU Tanjung Perak, Heru Susanto, Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, Direktur Poltekbang Surabaya, M. Andra, ikut menemani para santri yang menjadi peserta angleb 2023 kali ini.
Disebutkan oleh Dirlala saat membacakan sambutan Dirjen Perhubungan Laut di Upacara Pelepasan Para Santri di Kantor UPP Kelas III Sapudi, sesuai arahan Menteri Perhubungan bahwa KL 03 Bung Tomo terpilih sebagai salah satu dari 3 kapal negara yang diberdayakan melayani angkutan lebaran 2023, dan satu-satunya kapal latih di lingkungan BPSDM Perhubungan yang dinyatakan siap dan layak melaut setelah diperiksa oleh KSU Tanjung Perak.
Sebelum berlayar, Direktur Poltekpel Surabaya menjelaskan bahwa KL 03 Bung Tomo turut berpartisipasi pada angkutan lebaran 2023 sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana hal ini menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui pelayanan angkutan mudik dan balik secara gratis. Beliau juga mengharapkan bahwa para santri yang menjadi peserta pada arus balik mudik gratis tahun ini dapat terlayani dengan nyaman, aman, dan berkesan, serta dapat memahami informasi mengenai berbagai perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Selain angkutan gratis, para peserta angleb 2023 juga mendapatkan goodie bag berupa peralatan beribadah, serta dapat mengikuti berbagai kegiatan yang telah disiapkan oleh tim Poltekpel Surabaya. (RA)