INILAH PARA PEMENANG 5R DAN 5S POLTEKPEL SURABAYA TAHUN 2021

28
Sep 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 395x

Keberhasilan perusahaan salah satunya ditentukan oleh adanya kedisiplinan dalam menerapkan 5R dan 5S. Oleh karena itu, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya mengadakan kompetisi 5R dan 5S setiap tahunnya. Tujuannya jelas, untuk mengetahui siapa yang paling peduli dan menerapkan konsep ini secara konsisten. Nama pemenang 5R dan 5S Poltekpel Surabaya Tahun 2021 akhirnya diumumkan pada saat apel pagi pegawai pada Selasa (28/09/2021) pagi.

Konsep 5R dan 5S sudah dikenal sejak jaman dahulu, bahkan hingga saat ini masih relevan untuk dijadikan landasan dalam mengelola kinerja dalam sebuah perusahaan dan institusi. Terutama di institusi yang menuntut standar kualitas kinerja terbaik dan dilakukan dengan cepat serta tepat.

5R adalah dasar dari manajemen kinerja instansi yang berasal dari 5 kata dalam bahasa Jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Selanjutnya 5S ini diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi singkatan 5R yang dikenal dengan istilah Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan, Rajin. Sedangkan 5S sendiri merupakan budaya implementasi pelayanan terbaik yang terdiri dari Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun.

Juri yang dipercaya untuk menilai lomba ini adalah jajaran Manajemen Poltekpel Surabaya serta unit kerja SPM (Satuan Penjaminan Mutu) selaku unit yang mensupervisi standar mutu kinerja dan pelayanan di Poltekpel Surabaya. Di luar dugaan, ternyata euphoria dari unit-unit kerja sangat baik dan berantusias dalam mengikuti kompetisi ini. Selain itu akibat masih adanya pandemi Covid-19, penilaian kompetisi 5R dan 5S dilaksanakan secara hybrid, secara daring maupun luring. Penilaian secara daring melalui video penerapan 5R dan 5S yang dibuat oleh masing-masing unit tugas, dan secara luring melalui dokumentasi petugas penilaian di lapangan.

Setelah dilakukan penilaian, pemenang diumumkan pada saat apel pagi pegawai pada Selasa (28/09/2021) pagi, sebagaimana berikut ini:

  • Juara 1: Jurusan Teknika (mendapatkan piala bergilr juara 1, piala juara 1, piagam juara 1, uang tunai senilai Rp.2.500.000,-)
  • Juara 2: Unit Layanan Kesehatan (mendapatkan piala juara 2, piagam juara 2, uang tunai Rp.2.000.000,-)
  • Juara 3: Jurusan Transportasi Laut (mendapatkan piala juara 3, piagam juara 3, uang tunai Rp.1.500.000,-)
  • Juara harapan 1: Unit Lab/Sim Nautika (mendapatkan piagam&uang tunai Rp.1.000.000,-)
  • Juara harapan 2: Sub Bagian Keuangan (mendapatkan piagam&uang tunai Rp.750.000,-)
  • Juara harapan 3: Sub Bagian Ketarunaan dan Alumnni (mendapatkan piagam&uang tunai Rp.500.000,-)

Sementara itu, demi mengapresiasi para peserta yang telah berpartisipasi, ditambahkan kategori pemenang video penerapan 5R dan 5S sebagaimana berikut ini:

  • Video pendek Terkreatif : Jurusan Nautika (memperoleh piagam&uang tunai Rp.400.000,-)
  • Video pendek Terheboh : Pusat Pembangunan Karakter (memperoleh piagam&uang tunai Rp.400.000,-)

Tak lupa, panitia juga memberikan reward partisipasi bagi para peserta yang belum berhasil meraih juara. Selamat kepada para pemenang! (RA)