Ketua CAHTLS Beri Kuliah Umum kepada Calon Wisudawan Poltekpel Surabaya

16
Sep 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 177x

Para calon wisudawan Politeknik Pelayaran (Poltkepel) Surabaya mendapatkan pembekalan karier pra wisuda untuk wisuda perwira transportasi laut ke-49 melalui kuliah umum secara daring pada Sabtu pagi (16/09). Kegiatan yang bertujuan agar calon wisudawan mendapatkan wawasan serta gambaran terkait dunia kerja ini dibuka langsung oleh Dr. Capt. Mustamin, M. Pd., M. Mar., selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa ikatan alumni merupakan suatu partnership dengan almamaternya yang perlu dijaga agar bisa berjalan seiring didalam membangun dan menciptakan kader-kader pelaut yang handal kedepannya. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kuliah umum ini bertepatan dengan momen bersejarah bagi Poltekpel Surabaya yaitu merupakan hari ulang tahun Poltekpel Surabaya yang ke-41 (16 September 2023). Pada awal didirikan, Poltekpel Surabaya bernama BPLP (Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran), kemudian berubah nama menjadi BPLPD (Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Dasar) yang berlangsung selama 8 tahun, selanjutnya berubah nama lagi menjadi BP2IP (Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran) Surabaya selama kurang lebih 11 tahun, kemudian pada akhirnya berubah menjadi Poltekpel Surabaya sampai saat ini.

Pembicara utama dalam kuliah umum kali ini adalah Capt. Syaida Megara, ketua Corps Alumni Hang Tuah Lima Surabaya (CAHTLS), yang merupakan alumni Angkatan IX BPLPD (Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Dasar). Capt. Syaida memberi selamat dan mengapresiasi para calon wisudawan program Sarjana Terapan dan Diploma III karena telah melewati fase terpenting hidup sebagai taruna di kampus ternama ini.

Dalam pemaparan materinya, Capt. Syaida menjelaskan bahwa dunia kerja merupakan titik awal bagi calon wisudawan untuk memulai tantangan baru dalam hidup yang sesungguhnya. Memiliki pekerjaan tetap dengan gaji yang lebih dari cukup merupakan impian dari setiap orang. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lebih baik, calon wisudawan harus serius dalam menempuh karir dan merencanakan masa depan. Menurutnya, calon wisudawan Poltekpel Surabaya perlu memperoleh motivasi, pengetahuan serta trik untuk menembus penerimaan pegawai, serta dunia kerja guna menunjang kesiapan calon wisudawan dalam menghadapi dunia kerja. Terdapat tiga hal yang harus dipersiapkan oleh calon wisudawan, yakni dokumen, mental dan peluang.

Selain tiga hal tersebut, Capt. Syaida juga memberikan strategi yang harus dilakukan oleh calon wisudawan. Pertama, situs pencarian kerja. Calon wisudawan harus jeli dalam mencari lowongan pekerjaan yang sudah tersebar secara online. Kedua, jaringan / network, calon wisudawan harus aktif berkomunikasi, baik itu komunikasi ke perusahaan tempat praktik, ke sesama alumni, kampus, orang-orang perusahaan maupun ke teman seangkatan. Ketiga, perusahaan saat praktek laut, banyak perusahaan yang sudah bekerjasama dengan kampus untuk merekrut kembali taruna yang praktik di perusahaan tersebut. Keempat, semangat, yaitu tidak takut untuk terus mencoba meskipun sudah banyak penolakan.

Kuliah umum ini berlangsung dalam suasana yang hangat dan santai. Pada akhir pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi dengan para calon wisudawan. (asamy)