KSOP TANJUNG PERAK MEMBERI PEMBEKALAN PRA PRALA PADA TARUNA POLTEKPEL SURABAYA

14
Mar 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 191x

620b915012f8afa5c2132805c8c80176

Pada hari Kamis, 25 Pebruari 2016, Ruang Audiovisual POLTEKPEL Surabaya sejak pagi dipadati oleh taruna-taruni POLTEKPEL Surabaya yang akan mengikuti pembekalan pra prala dalam bentuk kuliah umum yang dibimbing langsung oleh Ka.Sie.Tertib Bandar Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas Utama Tanjung Perak Surabaya, Bapak Hardi Utomo, SH. Mereka sangat bersemangat untuk mengikuti kuliah umum hari itu yang mengangkat tema “Keselamatan Pelayaran dan Dokumen Pengawakan di Atas Kapal”, yang tentunya akan sangat bermanfaat pada saat melaksanakan praktek laut (prala) pada semester berikutnya ataupun ketika mereka sudah bekerja di atas kapal nantinya.

Acara ini terselenggara sebagai pembekalan kepada para taruna-taruni yang akan melaksanakan prala selama 12 bulan, supaya dapat memberikan wawasan mengenai hal-hal yang harus dipahami dalam melaksanakan prala, khususnya dalam hal keselamatan pelayaran maupun dokumen yang dibutuhkan untuk dapat naik di atas kapal. Dalam kuliah umum kali ini, para taruna diberi wawasan mengenai system keselamatan pelayaran, manajemen transportasi laut, perjanjian kerja laut (PKL), dan dokumen yang dibutuhkan untuk penyijilan. Hal ini dimaksudkan supaya taruna-taruni yang akan melaksanakan prala mendapatkan gambaran dan dapat memahami keselamatan dalam pelayaran serta prosedur yang dibutuhkan untuk pengawakan di atas kapal.

Kuliah umum sehari ini terbukti cukup efektif dalam menarik antusiasme para taruna-taruni sekaligus menambah wawasan mereka dalam menghadapi lingkungan kerja di atas kapal. Meskipun kuliah umum ini dilaksanakan di sela-sela jadwal ujian taruna dan memakan waktu hampir satu hari tetapi para taruna-taruni tetap bersemangat dalam mengajukan pertanyaan pada narasumber. Semoga ilmu yang mereka dapatkan pada kuliah umum ini dapat berguna ketika mereka melaksanakan prala maupun ketika di dunia pekerjaan nanti. (ra_red)