PERLUAS WAWASAN INDUSTRI PENYIARAN, TARUNA POLTEKPEL SURABAYA KUNJUNGI JTV

17
May 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 189x
Taruna taruni Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya mengadakan kunjungan industri penyiaran pada Rabu (17/05/2023) lalu. Kedatangan dari para taruna Poltekpel Surabaya ini disambut dengan gembira oleh tim dari PT. Jawa Pos Media Televisi atau yang lebih akrab dikenal sebagai stasiun TV lokal JTV. Turut serta dalam rombongan, Tim Kehumasan dan perwakilan dari Divisi Pengembangan Usaha (DPU) Poltekpel Surabaya.
Kegiatan kunjungan industri diawali dengan briefing di lobi Gedung JTV di Jalan Ahmad Yani 88 Surabaya, selanjutnya peserta kunjungan segera melangkah menuju Studio 1 JTV untuk memahami proses produksi penyiaran untuk kegiatan Talkshow atau dialog. Kemudian para peserta diajak beranjak ke lokasi Studio 2 dimana mereka akan menyaksikan program pemberitaan Jatim Awan secara live. Antusias dari peserta kunjungan membuat rangkaian tur terasa semarak dan berwarna.  Para peserta kunjungan sempat mengabadikan momen-momen di studio. Mereka pun menyaksikan proses syuting Jatim Awan dengan begitu seksama.
Usai menyaksikan syuting Jatim Awan di Studio 2 JTV, peserta kunjungan yang dipandu oleh Eksekutif Produser dari Tim Redaksi Pemberitaan JTV, Ahmad Ramadan, melihat proses kerja Sub Control Studio 2. Di tempat tersebut, Ahmad Ramadan memberikan penjelasan yang sangat informatif kepada peserta kunjungan mengenai fungsi dasar dari ruangan serta alat-alat yang ada. Rasa semangat masih terus menyelimuti seluruh peserta disertai dengan antusias yang tinggi untuk meraih ilmu-ilmu baru tentang pertelevisian. Bahkan beberapa peserta sempat mencoba menjadi seorang News Presenter dengan membacakan berita di Teleprompter di depan kamera.
Kegiatan kunjungan dilanjutkan ke Studio 3 dimana merupakan studio terbesar di JTV, untuk memahami proses produksi program acara non pemberitaan. Lokasi inilah tempat produksi program unggulan JTV non pemberitaan seperti program musik Stasiun Dangdut, program ludruk Ndoro Bei, dan program talkshow interaktif Gak Cumak Cangkru’an.
Rangkaian kegiatan kunjungan terus berlanjut hingga berujung di ruang Redaksi Pemberitaan JTV. Di tempat ini, Ahmad Ramadan menjelaskan mengenai proses produksi berita hingga menjadi sebuah paket pemberitaan audio visual. Beliau menjelaskan sejak proses peliputan dan penulisan berita, ruang voice over hingga ruang editing. Hal ini pun dimanfaatkan Tim Kehumasan Poltekpel Surabaya yang ikut dalam rombongan kunjungan untuk mengajukan pertanyaan kepada tim JTV.
Ketua rombongan kunjungan mewakili manajemen Poltekpel Surabaya, Novrico Susanto, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan Kunjungan Industri di stasiun JTV. Beliau juga menyampaikan alasan memilih JTVsebagai lokasi kunjungan karena JTV merupakan stasiun televisi berjejaring nasional pertama yang terletak di Kota Surabaya.
Kunjungan industri dapat menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi para taruna untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia penyiaran dan pertelevisian. Melalui langkah kecil untuk belajar hal baru tentu akan membawa kita kepada keberhasilan dan kesuksesan. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh peserta kunjungan dengan tim yang sedang bertugas dari JTV. (RA)