POLTEKPEL SURABAYA GELAR SOSIALISASI TERPADU SIPENCATAR PERGURUAN TINGGI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN DI MALANG

3
Mar 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 149x

Mengawali bulan Maret 2023, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya bersama Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun serta Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Perguruan Tinggi Kedinasan Kementerian Perhubungan di Malang, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan di Akasia Ballroom Hotel Savana Malang pada Rabu (01/03/2023) ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sub Koordinator Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Mudianto, S.Pd, MM.  Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Malang, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, serta perwakilan Guru dan siswa/i SMA dan SMK di wilayah Malang dan sekitarnya.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL), yang diwakili oleh Sub Koordinator  Standarisasi Pendidikan PPSDMPL, Dr. Capt. Erwin Ferry Manurung, M.M.Tr, serta perwakilan masing-masing perguruan tinggi kedinasan dari matra darat, laut dan udara. Matra laut diwakili oleh Direktur Poltekpel Surabaya yang diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Poltekpel Surabaya, Slamet Riyadi, M.Si, M.Mar, Matra Darat diwakili oleh Direktur PPI Madiun yang diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PPI Madiun, Agus Hariyanto, S.Kom, M.Sc, serta Matra Udara diwakili oleh Direktur Poltekbang Surabaya yang diwakili oleh Wakil Direktur III Poltekbang Surabaya, Ahmad Kosasih, ST, MT.

Kegiatan diawali dengan hiburan saxophone taruna Poltekpel Surabaya, dilanjutkan dengan tarian Gelang Ro’om oleh taruni Poltekpel Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau menekankan agar Pendidikan juga mampu meliputi pembinaan dalam hal sikap tenggangrasa dan saling menghargai antar sesama, sebagai bentuk keprihatinan akan situasi yang berkembang saat ini mengenai banyaknya aksi perundungan baik secara fisik maupun psikis. Untuk itu beliau mengajak kepada seluruh peserta yang rata-rata masih duduk di bangku SMA/SMK agar selalu menjaga etika dan tata krama dalam bersosialisasi.

Acara dilanjutkan dengan sesi paparan dan diskusi mengenai beragam informasi terupdate tentang perguruan tinggi kedinasan di Kementerian Perhubungan, dilanjutkan dengan paparan perwakilan dari masing-masing matra. Di tengah acara juga diadakan kuis bertabur hadiah yang menanyakan seputar materi yang disampaikan oleh para narasumber. Selain itu juga ada sesi tanya jawab yang direspon langsung oleh narasumber.

Sementara itu, alumni dan taruna/i aktif dari perwakilan masing-masing perguruan tinggi Kementerian Perhubungan juga diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan seluruh peserta. Mereka menceritakan pengalaman pribadi masing-masing sejak proses seleksi penerimaan, Ketika menjadi taruna, serta mengenai tips dan trik saat proses seleksi penerimaan taruna, ceria Ketika menjadi taruna dan kehidupan di asrama, serta dampak yang diperoleh oleh alumni setelah lulus dari perguruan tinggi kedinasan ini.

Acara yang total berdurasi 4 jam ini terasa begitu singkat karena berlangsung seru dan menyenangkan. Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan gambaran kepada siswa SMA/SMK sederajat khususnya di wilayah Malang dan sekitarnya tentang Perguruan Tinggi Kedinasan Kementerian Perhubungan. (RA)