SOSIALISASI PROGRAM DIKLAT, SIPENCATAR DAN DIKLAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TAHUN 2023

25
Jan 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 222x

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) perhubungan yang berkompeten dan profesional. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Diklat, Sipencatar dan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2023.

Kegiatan sosialisasi ini diinisiasi oleh kepala Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto, M.M., yang diselenggarakan di Ruang Rapat Eksekutif milik Poltekpel Surabaya, Selasa (24/01). Kegiatan sosialisasi ini mengundang seluruh kepala UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) di wilayah provinsi Jawa Timur.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, M.M. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Poltekpel Surabaya memberikan ruang dan kesempatan kepada seluruh UPT Ditjen Hubla yang berada di Jawa Timur ini untuk mensosialisasikan dan melaksanakan program diklat yang ada di Poltekpel Surabaya kepada seluruh masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi lintas sektor. “Semoga dengan adanya sosialisasi ini diharapkan program ini dapat terinformasikan ke seluruh pelosok, sehingga masyarakat tidak ketinggalan informasi dan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan Pendidikan dan kesejahteraannya.” Ujar bapak Heru Widada.

Selanjutnya, sambutan oleh kepala KSU Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto, M.M. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kepala satker (atau yang mewakili) yang hadir dalam sosialisasi ini turut proaktif dalam mengikuti serta menyebarkan informasi program diklat yang berada di Poltekpel Surabaya kepada seluruh masyarakat disekitarnya terutama kepada para nelayan. Beliau berharap kepada seluruh kepala UPT untuk mendaftarkan para anggotanya (khususnya yang bekerja di kapal negara), masyarakat nelayan serta tenaga kerja bongkar muat untuk dapat mengikuti program diklat pemberdayaan masyarakat ataupun diklat lainnya yang ada di Poltekpel Surabaya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Wadir I Poltekpel Surabaya, ibu Renta Novaliana Siahaan, S. Si.T., M.A. Beliau menjelaskan tentang progam diklat keterampilan, peningkatan, pemberdayaan masyarakat, sipencatar (pola pembibitan dan non pola pembibitan), dan sertifikasi dari LSP P-1 Poltekpel Surabaya. Pada akhir acara dilakukan penandatanganan kerjasama antara Poltekpel Surabaya dengan  UPT Ditjen Hubla wilayah provinsi Jawa Timur. (asamy)