APRESIASI LSP-1 POLTEKPEL SURABAYA OLEH TIM APRESIASI BNSP

16
Jan 2017
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 149x

20170113_091207

Untuk mempersiapkan dan mewujudkan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) -1 yang rencananya akan di buka di Politeknik pelayaran (Poltekpel) Surabaya, maka pada tanggal 12-13 Januari 2017 bertempat di Grand Meeting kampus Poltekpel Surabaya diselenggarakan kegiatan Apresiasi LSI-1 Poltekpel Surabaya oleh tim Apresiasi BNSP.

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh Manajemen dan seluruh pengurus LSP-1 Poltekpel Surabaya. Perwakilan BNSP Bapak Bachtiar, mempresentasikan langkah-langkah dan hal-hal apa saja yang harus ada dan dipersiapkan dalam pembentukan LSP-1 tersebut. Antara lain untuk langkah-langkah pengembangan yang harus diperhatikan yaitu penetapan dan rencana induk standarisasi kompetensi, pengembangan KKNI dan kualifikasi okupasi nasional, pengembangan skema sertifikasi, pengembangan kelembagaan sertifikasi, pengembangan SDM pengelola program sertifikasi kompetensi profesi dan pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi. Sedangkan untuk asesmennya dibagi menkadi 3 (tiga) bagian yaitu formatif, Sumatif dan holistik.

20170113_090804

Untuk asesmen formatif assesmen dilakukan dalam proses pembelajaran, untuk memastikan setiap elemen kompetensi dapat dicapai. Adapun Sumatif asesmen dilakukan setiap akhir materi/unit pembelajaran. Terakhir holistic,  asesmen dilakukan dimanan proses pembelajaran dan pencapaian kompetensi adalah inter-related and kompleks yang diukur berdasarkan established standards. (Ari Y)