Demi Pertahankan Angka Kredit, Dosen POLTEKPEL Surabaya Ikuti BIMTEK Pengisian DUPAK

27
Mar 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 110x

Jelang memasukki bulan Ramadhan 2023 ini, seluruh Dosen di Indonesia dibuat kelabakan. Dengan adanya PERMENPANRB No.1 Tahun 2023, Dosen diwajibkan untuk melakukan pengakuan angka kredit jabatan fungsional yang telah dimiliki. Masa pengakuan Angka Kredit (AK) ini sangat singkat, Dosen hanya diberikan waktu sekitar 2 bulan untuk bisa “mempertahankan” AK. Sesuai yang disampaikan oleh DITJEN DIKTIRISTEK pada saat tergelarnya Sosialisai Pengaturan PAK Dosen dan Kewajiban Khusus BKD pada 10 Maret 2023, apabila Dosen yang tidak melakukan pengajuan / mengumpulkan, maka AK yang selama ini diraih tidak dapat diakui.

Terkait peristiwa tersebut, Kelompok Jabatan Fungsional  POLTEKPEL Surabaya tergerak untuk membantu dan memfasilitasi seluruh Dosen Fungsional maupun Non-Fungsional POLTEKPEL Surabaya melalui Bimbingan Teknis Pengisian Penilaian Angka Kredit (PAK) yang diselenggarakan pada Senin (27/3/2023) secara daring. Tujuan Kelompok Jabatan Fungsional menyelenggarakan BIMTEK ini adalah memberikan pendampingan bagi Dosen yang belum menjadi Fungsional dan memfasilitasi bagi Dosen Fungsional yang ingin mempertahankan maupun meningkatkan jumlah PAK-nya bagi Dosen yang telah melalui masa jabatan fungsional terakhir selama 2 tahun agar tetap bisa diakui.

Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini menghadirkan Dr. Setyo Hariyadi Suranto Putro, S.T., M.T. dan Ibu Ajeng Herdinawati, S.Psi dari POLTEKBANG Surabaya sebagai narasumber yang siap mendampingi Dosen POLTEKPEL Surabaya dalam pengisian dan pengusulan PAK Dosen. Mewakili Direktur POLTEKPEL Surabaya, Bapak Slamet Riyadi, M.Si., M.Mar. selaku Ka. Bagian  Administrasi Akademik dan Ketarunaan turut hadir sekaligus membuka pelaksanaan BIMTEK. Ketua Kelompok Jabatan Fungsional, Bapak Muh Dahri S.H., M.Hum pun menjelaskan secara rinci mengenai isi PERMENPANRB No.1 Tahun 2023, serta deadline kapan saja agar PAK dapat diterima oleh DITJEN DIKTIRISTEK.

Walaupun BIMTEK semi diskusi ini dilaksanakan tepat hari ke-5 Ramadhan, semangat para Dosen POLTEKPEL Surabaya ternyata tidak redup. Berpuasa tidak menjadi penghalang, demi bisa mempertahankan kepemilikian angka kredit. Terlebih lagi, adanya kolaborasi dari 2 Perguruan Tinggi di bawah naungan KEMENHUB ini saling mengisi.   Dr. Setyo Hariyadi Suranto Putro, S.T., M.T. tidak hanya memberika tutorial perhitungan angka kredit dalam Daftar Usulan PAK Dosen, beliau pun menjelaskan kondisi data dukung seperti apa yang dapat dijadikan bahan pertimbangan poin nilai PAK Dosen.

Berlangsungnya kegiatan BIMTEK berjalan dengan lancar, sesuai dengan harapan dari Kelompok Jabatan Fungsional dan Dosen POLTEKPEL Surabaya. Dengan adanya BIMTEK yang diselenggarakan 1 hari ini, seluruh Dosen Fungsional dan Non-Fungsional POLTEKPEL Surabaya menjadi sangat terbantu dan berharap angka kredit yang diajukan, nantinya dapat diterima oleh DIKTI. (DW)