DIRJEN HUBLA BERI KULIAH UMUM PERAN SDM TRANSPORTASI LAUT NASIONAL DI POLTEKPEL SURABAYA

26
Feb 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 70x

Transportasi laut memiliki peran yang strategis dalam mendukung pembangunan nasional di segala bidang, termasuk untuk mempersatukan Indonesia yang penuh dengan keberagaman. Selain itu transportasi laut juga menjadi infrastruktur penting dalam rangka menggerakkan roda perekonomian Indonesia, khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Oleh karena itu dibutuhkan SDM di bidang Transportasi Laut yang berperan aktif serta professional demi terwujudnya cita-cita mulia tersebut. 

Berkaca pada hal tersebut, Kamis (18/2/2021) siang Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya melaksanakan kuliah umum mengenai Pengembangan Transportasi Laut Nasional dan Peran SDM di bidang Transportasi Laut. Kuliah umum yang diikuti oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut (Hubla), Bapak Ir. R. Agus H. Purnomo, ini mengisi zoom meeting berkapasitas 3000 peserta yang terdiri dari taruna dan taruni sekolah kedinasan matra laut Kementerian Perhubungan, perwakilan mahasiswa dari ITS Surabaya Prodi Teknik Transportasi Laut dan Universitas Hang Tuah Surabaya, taruna taruni SMK Bhakti Samudera Surabaya, para Kepala UPT matra laut beserta jajarannya, serta segenap sivitas akademika POLTEKPEL Surabaya.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Sahattua P. Simatupang, MM, MH, juga turut memberikan sambutan dalam kegiatan kuliah umum secara virtual ini. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini, dan mengajak para taruna taruni untuk selalu menimba ilmu dari berbagai sumber, salah satunya melalui kuliah umum dari para professional dan pejabat pemangku kepentingan. Hal ini dimaksudkan agar para taruna taruni dapat mengupdate wawasannya sesuai dengan perkembangan kebutuhan di dunia kerja.

Kuliah umum yang dimoderatori oleh Direktur POLTEKPEL Surabaya, Capt. Dian Wahdiana, MM, ini juga membuka kesempatan untuk berdiskusi dengan seluruh audience dalam sesi Tanya jawab. Tak pelak, para taruna taruni dari berbagai sekolah kedinasan turut mengajukan pertanyaan pada kolom chat room. Sehingga tampak seluruh peserta sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan ini. Salah satu yang menarik yakni pertanyaan mengenai Peran SDM yang mulai tergilas oleh teknologi autosystem. Namun Bapak Agus, sapaan akrab Dirjen Hubla, menegaskan bahwa kemampuan SDM masih akan selalu dibutuhkan meskipun adanya otomatisasi. Beliau berpesan agar para taruna taruni tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, karena peran SDM masih dibutuhkan dalam menjalankan maupun mensupervisi teknologi.

Di akhir kegiatan, juga dilaksanakan kegiatan foto bersama secara virtual. Tak lupa Direktur POLTEKPEL Surabaya dan Kepala Pusbang SDM Perhubungan Laut juga menyampaikan terima kasih kepada Narasumber dan seluruh pihak yang terlibat demi terwujudnya kegiatan ini. Meski hanya melalui virtual, semoga semangat untuk terus menimba ilmu tetap menyala.