GITA SWARA SAMUDERA DALAM KIRAB “PARADE SURABAYA JUANG 2022”

11
Nov 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 144x

Setelah dua tahun absen akibat dari pandemi Covid-19, masyarakat kota Surabaya sangat menyambut antusias Parade Surabaya Juang 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (06/10) di Jalan Pahlawan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dikemas dalam berbagai kegiatan, terdapat tiga kegiatan utama, yakni drama kolosal perjuangan Arek-Arek Suroboyo waktu melawan penjajah, marching band, serta penampilan komunitas. Berasal dari berbagai latar belakang, para peserta parade bersatu dalam satu gelaran tematik untuk menyukseskan rangkaian peringatan Hari Pahlawan tersebut. Mereka berasal dari ASN di lingkungan Pemkot Surabaya, TNI, POLRI, komunitas sejarah dan pemuda, organisasi kemasyarakatan, mahasiswa, hingga pelajar.

Wali kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama sejumlah pimpinan Forkopimda di kota Surabaya ikut mengisi acara. Mereka mengikuti jalannya parade dengan menunggang kuda. “Inti acara hari ini adalah kita mengenang 10 November 1945 dimana semua Pahlawan berjuang tanpa pamrih, tidak mengenal kasta, suku, ras dan agama, serta demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Perjuangan pada masa sekarang yaitu berjuang bersama agar kita bisa merdeka dari kemiskinan, kebodohan, dan pengangguran.” Ujar Eri Cahyadi dalam sambutannya.

Tampil di nomor urut 13, Gita Swara Samudera, tim marchingband milik taruna-taruni Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya pun turut meramaikan parade Surabaya Juang 2022. Mereka tampil sangat memukau di hadapan masyarakat Surabaya yang memadati area tersebut. Rute yang dilewatin tim Gita Swara Samudera beserta rombongan lainnya adalah mulai dari Jalan Pahlawan, Jalan Kramat Gantung, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso, Jalan Jaksa Agung Suprapto, dan berakhir di Balai Kota Surabaya.