KAPUS PENGELOLAAN TRANSPORTASI BERKELANJUTAN BERI KULIAH UMUM KEPADA TARUNA POLTEKPEL SURABAYA

24
Nov 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 80x

Selepas ibadah Shalat Ashar pada Jumat (24/11/2023) lalu, para taruna Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya bergegas menuju Auditorium Arctic Poltekpel Surabaya. Mereka sangat berantusias melaksanakan kuliah umum yang bertajuk “Motivasi Taruna dan Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca” yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan (PPTB) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala PPTB Kemenhub, Dr. Capt. Tri Cahyadi, MH, M.Mar, yang dulu pernah menjabat sebagai Wakil Direktur I dan Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Poltekpel Surabaya, sangat berantusias untuk menyampaikan materi sesuai tema yang diangkat pada kuliah umum ini. Acara yang diikuti seluruh taruna semester 1 dan 3 yang memenuhi tribun atas dan tempat duduk peserta di auditorium ini juga diikuti oleh jajaran manajemen, para Ketua Prodi dan perwakilan dosen POLTEKPEL Surabaya.

Acara diawali dengan Yel-yel taruna yang menghangatkan suasana sore itu, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sebelum materi dipaparkan, juga dilaksanakan Laporan Taruna melalui Komandan Kompi (Danki) Taruna Poltekpel Surabaya sebagai tanda bahwa taruna sudah siap mengikuti kegiatan kuliah umum. Selanjutnya materi kuliah umum mulai disampaikan oleh narasumber.

Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan tantangan yang akan dihadapi dengan semakin majunya teknologi gas rumah kaca yang memberikan efek samping dari emisi yang dihasilkan. Beliau berpesan kepada seluruh taruna sebagai masa depan pemuda harapan bangsa Indonesia untuk selalu mengutamakan transportasi berkelanjutan yang tentunya tidak memberikan dampak lingkungan dalam menyongsong situasi dan kondisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia seperti saat ini. Beliau juga memberikan masukan mengenai sikap yang perlu disiapkan oleh para pemuda dalam menghadapi tantangan tersebut.

Di akhir kegiatan, juga dilaksanakan kegiatan pemberian cindera mata sebagai bentuk apresiasi kepada narasumber yang disampaikan oleh Direktur Poltekpel Surabaya, dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh taruna dan tamu undangan yang hadir. Semoga semangat dan wawasan yang disampaikan bisa bermanfaat untuk para pemuda menyongsong masa depan.(RA)