Manfaatkan Fitur LIVE CHAT MEDSOS, POLTEKPEL Surabaya Adakan Virtual Tour

24
Jun 2020
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 65x

Melakukan survei sekolah tanpa datang ke lokasi, mengapa tidak? Perkembangan teknologi kini mengizinkan masyarakat melihat-lihat lingkungan dan interior bangunan dengan fasilitas virtual tour atau wisata dunia maya.  Virtual tour adalah simulasi sebuah lokasi yang dibuat dalam bentuk video atau susunan foto. Perjalanan maya ini juga dapat didukung elemen-elemen multimedia lain, seperti efek suara, musik, narasi, dan teks. Hal inilah yang membuat POLTEKPEL Surabaya menggunakan wisata virtual sebagai alat tele-tourism, khususnya ketika masa sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Tahun 2020 di masa pandemi Covid-19 ini.

Segala keterbatasan pergerakan di masa pandemi Covid-19 menyebabkan para calon peserta yang berminat untuk masuk ke berbagai sekolah kedinasan untuk mencari informasi mengenai sekolah kedinasan yang ingin dimasuki. Dalam hal ini, wisata virtual menyajikan pengalaman dan wawasan baru mengenai informasi yang ingin diketahui tanpa harus hadir langsung secara factual di tempat tersebut.  Selain itu, wisata virtual dapat menunjukkan bagaimana pandemi membawa masyarakat menuju kondisi New Normal. Masyarakat ditunjukkan bagaimana teknologi dan media digital membawa masyarakat pada rutinitas dan cara hidup yang baru dengan adanya wisata virtual.

Oleh karena itu, agar dapat mensosialisasikan berbagai info seputar Sipencatar 2020 secara aktual dan factual tanpa harus hadir di lokasi, POLTEKPEL Surabaya mengadakan wisata virtual dengan memanfaatkan fitur live chat yang ada di media sosial (medsos). Dengan menggunakan akun medsos resmi POLTEKPEL Surabaya,  para karyawan dan pegawai POLTEKPEL Surabaya secara bergilir diberi kesempatan untuk menghiasi akun live chat medsos POLTEKPEL Surabaya  untuk memperkenalkan masing-masing unit dan divisi serta memberikan info-info seputar Sipencatar 2020. Kegiatan ini dilaksanakan setiap pukul 10 pagi tiap hari dengan durasi selama 1 jam, sejak tanggal 16 Juni hingga 1 Juli 2020.

Berbagai unit yang berpartisipasi dalam live chat ini diantaranya dari Unit Lab/Simulator Nautika dan Teknika; Jurusan Nautika; Jurusan Teknika; Jurusan ETO; Jurusan Transportasi Laut; Unit Perpustakaan dan Dokumentasi; Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M); Divisi Pengembangan Usaha; Unit Teknologi Informasi (TI); Klinik Utama Altair; Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni; serta Sub Bagian Administrasi Akademik.