Mengembangkan Softskill Taruna dengan Cadet Character Class

27
Aug 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 166x
Halo sobat Poltekpel Surabaya, kegiatan Cadet Character Class (CCC) sudah secara resmi dibuka oleh Direktur Poltekpel Surabaya, bapak Heru Widada, M.M pada hari Jum’at (11/08).  Nah sekarang saatnya taruna menjalani rangkaian kegiatan CCC yaitu mengikuti materi yang diberikan oleh para narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh taruna semester III sebanyak 405 orang yang dilaksanakan pada hari Minggu (27/08/2023) bertempat di Gedung Arctic Auditorium, Poltekpel Surabaya.
Materi pertama yang diberikan kepada taruna adalah materi Percaya Diri & Komunikasi Intrapersonal-Interpersonal yang dipresentasikan oleh Febry Indra Permana, S. Psi, M.M. Pada materi pertama peserta mendapatkan beragam aktifitas mulai dari minigames “Find Your Treasure” guna mendapatkan insight bagaimana menemukan harta karun dalam diri, pengisian alat tes gaya komunikasi sosial Coomunication Social Inventory guna memahami cara dan tips berkomunikasi efektif sesuai dengan karakteristik sosial lawan bicara. Tujuannya agar trauna mampu meningkatkan kepercayaan diri serta keterampilan komunikasi efektif dengan orang lain, sehingga mudah beradaptasi di lingkungan baru baik dalam masa studi maupun ketika masuk dalam dunia kerja.
Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Danang Baskoro, M. Psi. Materi yang menyampaikan materi manajemen konflik & Kepekaan Lingkungan. Pada materi kedua peserta mendapat materi Awareness Mastery dimana mereka diajak lebih memahami dirinya dan lingkungan sosial agar mampu memanajemen konflik yang timbul baik dari dalam diri maupun lingkungan sosial. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, roleplay, serta sesi relaksasi. Beberapa materi yang disampaikan adalah memahami inner child, pengendalian perilaku agresi, manajemen konflik melalui komunikasi, kompromi, dan kesabaran serta praktik relaksasi guna meningkatkan kesadaran diri positif.
Naah sobat Poltekpel…luar biasa dan bermanfaat sekali materi yang diberikan dalam CCC. Dengan materi tersebut diharapkan agar seluruh taruna mampu menemukenali dan mengembangkan softskill mereka dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja. (ARP).