PENUTUPAN MADATUKAR KOLABORASI DAN BAKTI SOSIAL PENANAMAN BIBIT MANGROVE OLEH CATAR-CATARI POLTEKPEL & POLTEKBANG SURABAYA

30
Sep 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 173x

Direktur Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Capt. Heru Widada, M.M., telah resmi menutup kegiatan Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) kolaborasi antara calon taruna/i Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya dan Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya pada Jumat (30/09).

Di bawah pelatihan dan pembinaan selama lima hari, para calon taruna/i tersebut mendapatkan materi pembelajaran terkait integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, pengambilan keputusan, serta perekat bangsa. Selama kegiatan Madatukar, para catar/i menjalani kegiatan yang sangat padat dan bervariasi. Kegiatan mulai berlangsung pada pagi hari dan berakhir pada sore hari. Kegiatan berlangsung lancar dan aman usai pengecekan kesehatan dan tes swab yang dilakukan sebelum Madatukar. Madatukar kaborasi antara Poltekpel Surabaya dan Poltekbang Surabaya tersebut berlangsung dari tanggal 26 – 30 September 2022.

Kegiatan penutupan ini ditandai dengan pencopotan pita peserta oleh Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Heru Widada, M.M., dalam sambutannya beliau berpesan kepada calon taruna/i untuk menegakkan kedisiplinan, tetap semangat dan berintegritas tinggi, serta menjadi generasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bisa membawa kemajuan besar untuk bangsa dan negara Indonesia.

“Kalian harus ingat, ini semua bukan akhir dari seluruh perjuangan kalian menggapai cita-cita yang tinggi dan mulia, tetapi ini merupakan langkah awal dimana kalian kelak akan mendapatkan hasil yang selama ini kalian cita-citakan dan menjadi harapan orang tua kalian. Terakhir, saya berpesan jadilah taruna/i Kementerian Perhubungan yang selalu dapat membanggakan orang tua, agama, bangsa dan negara, serta Institusi Kementerian Perhubungan.” Ujar Capt. Heru Widada, M.M

Kolaborasi Madatukar antara Poltekpel Surabaya dan Poltekbang Surabaya tersebut diikuti sebanyak 415 calon taruna/i. Sebanyak 187 catar/i berasal dari Poltekpel Surabaya dan 228 calon taruna/i dari Poltekbang Surabaya.

Penutupan Madatukar kolaborasi tersebut berlangsung di Kebun Raya Mangrove Gununganyar Surabaya. Kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan bakti sosial yaitu penanaman 100 bibit mangrove yang ditanam di sekitar lokasi tersebut. Ada dua jenis mangrove yang ditanam dalam kegiatan tersebut, yakni 10 bibit mangrove berjenis Bruguiera Gymnorrhiza dan 90 bibit mangrove berjenis Rhizophora Mucronata.

“Satu hal yang patut saya apresiasi adalah bahwa kegiatan hari ini mungkin satu-satunya di Lingkungan BPSDM Perhubungan yang mana kegiatan madatukar ditutup dengan kegiatan bakti sosial penanaman bibit mangrove, yang tentunya kegiatan ini sangat mulia sekali karena kepedulian saudara-saudari semuanya terhadap kelestarian lingkungan sekitar.” Ujar Capt. Heru Widada, M.M. (Ali.S.Tomi)