POLTEKPEL SURABAYA GELAR SEMINAR HASIL PENELITIAN SECARA HYBRID

17
Nov 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 113x

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) mengadakan kegiatan seminar hasil penelitian dosen tahun 2021. Seminar tersebut berlangsung secara hybrid, kombinasi antara luring dan virtual melalui aplikasi daring, selama 2 hari pada Rabu dan Kamis (17-18/11/2021) lalu.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh sejumlah dosen yang mengikuti secara daring dan luring serta dibuka langsung oleh Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Sugiyono, M.M.Tr., M.Mar, di ruang Grand Meeting Poltekpel Surabaya pada hari Rabu (17/11). Capt. Sugiyono mengatakan, pelaksanaan kegiatan seminar hasil ini merupakan hal yang sangat strategis sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seminar tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan di bidang penelitian terlebih dalam kondisi pandemi covid-19. Lebih lanjut, dengan adanya kegiatan seminar hasil penelitian seperti ini juga dapat mengembangkan kompetensi dosen. Dimana dosen tidak hanya memiliki pengetahuan semata juga dapat mentransferkan ilmunya.

Acara dilanjutkan dengan presentasi hasil penelitian para dosen dengan para reviewer yang mengikuti secara virtual. Para dosen yang hadir di ruang rapat dapat mempresentasikan secara luring sedangkan dosen yang mengikuti secara virtual memanfaatkan aplikasi daring dalam mempresentasikan hasil penelitiannya. Adapun 4 reviewer yang mengikuti kegiatan ini berasal dari para ahli dan praktisi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Diantaranya Ir. Gigih Priyandoko, MT., Ph.D., Dosen Fakultas Teknik – Universitas Widyagama Malang, Dr. Netty Herawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog FISIB – Universitas Trunojoyo Madura, Dr. Muhammad Hairul Saleh, S.Sos., M.A., Dosen FISIP – Universitas Mulawarman Samarinda, dan Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd., Dosen Prodi Manajemen Pasca Sarjana – Universitas Negeri Surabaya.

Keesokan harinya usai seluruh dosen mempresentasikan hasil penelitiannya, diadakan penutupan yang dihadiri oleh Wakil Direktur 1, Bapak Soleh Udin, S.Si.T., M.M., dan diikuti oleh para dosen dan reviewer kegiatan ini. Beliau menyatakan dari kegiatan ini diharapkan ke depannya jumlah peneliti di Poltekpel Surabaya bisa semakin meningkat. Karena dari seminar hasil ini dapat timbul ide lebih baik daripada penelitian sebelumnya. (RA)