Poltekpel Surabaya Menjadi Tilok SKD Sipencatar Kemenhub

20
Jun 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 131x

Bulan Juni tahun ini menjadi waktu yang sangat dinantikan bagi lulusan SMA/SMK yang berminat melanjutkan Pendidikan tinggi di berbagai sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat jalur Pola Pembibitan (Polbit). Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut akan dilaksanakan tahap awal Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Sekolah Kedinasan Kemenhub di berbagai daerah di Indonesia, yang diawali dengan tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

SKD Sekolah Kedinasan Kemenhub akan dilaksanakan pada lokasi, sesi, dan jadwal ujian yang berbeda-beda. Tes SKD Kemenhub akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 29 Juni 2022. Peserta yang berhak mengikuti SKD adalah peserta yang telah melakukan pembayaran PNBP SKD. Dan dari puluhan ribu pendaftar Sipencatar Kemenhub, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya dipilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan SKD tersebut.

Sejak Rabu (15/06/2022) pagi, para peserta sesi 1 sudah memadati halaman depan Poltekpel Surabaya. Mereka yang telah memilih Poltekpel Surabaya sebagai Titik Lokasi (Tilok) SKD Sipencatar pada saat mendaftar dan telah melakukan pembayaran PNBP SKD, akan mendapatkan konfirmasi sebagai peserta SKD yang terjadwal dalam beberapa sesi selama beberapa hari pelaksanaan SKD di Poltekpel Surabaya. Para peserta tersebut tidak hanya berasal dari dalam kota Surabaya, banyak juga yang dari luar kota di Jatim ataupun provinsi lain.

Pelaksanaan SKD di Poltekpel Surabaya berlangsung selama tanggal 15-19 Juni 2022, dimana akan terbagi menjadi 4 sesi setiap harinya. Dalam 1 sesi terdiri dari 6 ruang kelas. SKD ini juga dipantau secara langsung oleh tim Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang turut memberi pengarahan serta pengawasan pelaksanaan SKD di Poltekpel Surabaya.

Meskipun SKD ini dilaksanakan secara offline, tetapi tidak mengesampingkan penerapan protokol Kesehatan di setiap sesinya. Para peserta diwajibkan mencuci tangan di wastafel dan scan barcode aplikasi Peduli Lindungi sebelum memasuki area registrasi. Sesuai ketentuan perjalanan dari pemerintah, bagi peserta yang belum mendapatkan vaksin lengkap, diwajibkan membawa hasil tes antigen/PCR yang berlaku 1x24jam atau bisa melakukan tes antigen on the spot karena Poltekpel Surabaya juga telah menyiapkan tim medis yang siap melayani para peserta. Selama pelaksanaan tes, para peserta dan panitia juga wajib menggunakan masker dengan benar. Di akhir tes, setiap ruangan juga dilakukan penyemprotan desinfektan sebelum disegel oleh petugas untuk digunakan kembali keesokan harinya.

Selanjutnya para peserta wajib menitipkan semua barang bawaan yang tidak sesuai dengan tata tertib tes dari BKN, pengecekan fisik menggunakan metal detector dan melakukan registrasi. Usai mendapat pengarahan secara umum dari petugas mengenai pelaksanaan tes, para peserta kemudian diantar ke ruangan sesuai daftar yang terjadwal.

Selama 5 hari pelaksanaan SKD Poltekpel Surabaya, tidak ada kendala yang terjadi maupun keluhan dari para peserta. Semoga pelaksanaan SKD yang lancar tersebut berbanding lurus untuk proses kelulusan peserta, khususnya peserta yang mendaftar sebagai calon peserta di Poltekpel Surabaya. Sukses selalu Sobat Poltekpel Surabaya! (ra_red)