POLTEKPEL SURABAYA SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN ERUPSI GUNUNG SEMERU

8
Dec 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 106x

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, melalui program Politeknik Pelayaran Surabaya Peduli Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru. Bantuan yang diberikan oleh perseroan disalurkan di beberapa titik lokasi pos penerimaan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Desa Ditotrunan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, yang dikoordinir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang.

Bantuan bagi korban bencana erupsi Gunung Semeru tersebut dikumpulkan dalam waktu 1 hari sebelum keberangkatan tim Poltekpel Surabaya, yang terdiri dari perwakilan pegawai dan pengasuh taruna (pasuhtar) serta taruna Poltekpel Surabaya, ke Lumajang. Bantuan ini dihimpun dari seluruh manajemen dan pegawai Poltekpel Surabaya yang berkenan membantu para korban bencana Gunung Semeru.

Bantuan yang diberikan terdiri dari paket sembako, perlengkapan bayi, pakaian bekas layak pakai, terpal, sekop dan gerobak pasir arco, serta paket obat-obatan dan alat protokol kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Dalam penyaluran bantuan tersebut, Poltekpel Surabaya bekerjasama dengan BPBD Lumajang untuk membantu pemerintah daerah setempat dan para warga yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru.

Tim Poltekpel Surabaya berangkat menuju Kabupaten Lumajang sejak Selasa (7/12/2021) pukul 9 pagi. Bantuan tanggap darurat pertama disampaikan di posko-posko tanggap darurat bencana yang diwakili oleh Ibu Endah Maryuni, Sekretariat BPBD Lumajang, untuk disalurkan ke desa-desa terdampak di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Selanjutnya, Tim Poltekpel Surabaya bergerak ke posko BPBD Jawa Timur untuk menyerahkan bantuan bagi tim pencari yang melakukan evakuasi bagi para pengungsi yang masih berada di lokasi bencana. Bantuan yang diberikan berupa alat berat untuk bantuan evakuasi serta baju wearpak yang bisa digunakan untuk menjaga keselamatan tim pencari dalam mencari korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Bantuan kepada korban bencana erupsi Gunung Semeru ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat Lumajang dan mempercepat pemulihan pasca bencana. Sebagai salah satu UPT di bawah Kementerian Perhubungan, Poltekpel Surabaya terpacu untuk bergerak cepat dalam membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru dan mengerahkan sumber daya yang dimiliki untuk meringankan beban para korban bencana erupsi Gunung Semeru. (RA)