Poltekpel Surabaya Turut Ramaikan Smamda Edufair 2023

8
Nov 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 111x

SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya kembali menggelar Education Fair (Edufair) 2023 atau pameran pendidikan, Rabu (8/11/2023) di Mas Mansyur Hall lantai 6, Gedung Smamda Tower. Dalam kegiatan tahunan ini, Smamda menghadirkan 30 peserta pameran yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), serta konsultan pendidikan.

Smamda Edufair merupakan kegiatan pengenalan dunia kampus terkini yang diselenggarakan oleh Smamda Surabaya untuk memfasilitasi siswa kelas XII SMA/SMK sederajat yang berada diwilayah Surabaya Raya agar lebih mengenal kampus-kampus yang akan dipilihnya kelak setelah lulus SMA.

Beberapa perguruan tinggi yang turut meramaikan kegiatan tersebut adalah Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Politeknik Penerbangan Surabaya, Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Universitas Ciputra, Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Hang Tuah (UHT), Universitas Dinamika (Undika), Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS), Binus University, dan masih banyak lagi. Ada juga lembaga konsultan Pendidikan studi lanjut diantaranya Education Malaysia Indonesia, KAPLAN, IDP dan VISTA.

Menurut Kepala Sekolah Smamda Surabaya, Astajab, S. Pd., M.M., Smamda Edufair 2023 ini mengusung tema “A Great Journey on the Way to an Excellent Future” serta mempunyai empat rangkaian kegiatan. Kegiatan pertama adalah talkshow pendidikan yang diselenggarakan pada Sabtu (04/11/2023) dengan menghadirkan narasumber Laksmi Widjayanti, seorang psikolog yang tergabung dalam Layanan Psikologi Dear Astrid.

Kegiatan kedua yang diselenggarakan pada Senin (06/11/2023) menghadirkan 12 dosen tamu untuk mengajar siswa kelas XII mata kuliah sesuai dengan jurusan yang dipilih. Ke-12 dosen ini diantaranya berasal dari Unair, ITS, UPN, UHT, dan Universitas Ciputra.

Kegiatan ketiga adalah presentasi dari beberapa perguruan tinggi swasta dan lembaga konsultan Pendidikan lanjutan yang diselenggarakan pada hari Selasa (07/11/2023). Peserta presentasi diantaranya adalah Universitas Ciputra, iSTTS, Undika, Ubaya dan Universitas Hayam Wuruk. Sedangkan dari lembaga pendidikan diantara VISTA, AUG dan KAPLAN. Puncak acara dalam kegiatan Smamda Edufair 2023 ini adalah pameran pendidikan yang diikuti lebih dari 30 perguruan tinggi.

“Alhamdulillah kegiatan pameran Pendidikan yang hari ini kita laksanakan adalah bagian dari kegiatan Edufair yang kami agendakan setiap tahun. Rangkaian kegiatan Smamda Edufair ini ada talkshow, kuliah tamu, presentasi dari berbagai kampus, dan puncak acaranya adalah hari ini yakni pameran pendidikan yang diikuti oleh 30 pendidikan tinggi negeri maupun swasta, termasuk dari konsultan pendidikan luar negeri,” ujar pak Astajab dalam sambutannya.

Pada kesempatan kali ini, Poltekpel Surabaya turut meramaikan acara puncak Smamda Edufair 2023 dengan membuka stand pameran kampus. Banyak sekali siswa kelas XII yang penasaran dan datang mengunjungi stand Poltekpel Surabaya. Mereka sangat antusias ingin mengetahui lebih detail tentang sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan.

Siswa yang datang mengunjungi pameran pendidikan tak hanya dari Smamda Surabaya, ada juga beberapa perwakilan siswa dan guru dari SMA dan SMK Muhammadiyah se-Kota Surabaya. Kepala Sekolah Smamda juga mengundang beberapa sekolah yang berada disekitar Surabaya serta beberapa sekolah dari Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

Siswa kelas XII, Muhammad Ihsan dan Satrio Bambang mengaku senang bisa mengikuti rangkaian Smamda Edufair 2023 yang digelar sekolahannya. Sebab setelah mengikuti Smamda Edufair 2023, mereka mempunyai gambaran terkait pilihan jurusan yang akan diambil setelah lulus SMA. Muhammad Ihsan mengaku ingin mengambil program studi D-IV Teknologi Rekayasa Operasi Kapal, sedangkan Satrio Bambang ingin mengambil program studi D-IV Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal. (asamy)