PT. Equinox Bahari Utama Seleksi Langsung Calon Kadet Dari Poltekpel Surabaya

19
Oct 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 117x

Salah satu kegiatan yang sangat ditunggu oleh para taruna ialah kunjungan dari perusahaan-perusahaan pelayaran yang bertujuan untuk membuka peluang kerjasama dengan ruang lingkup rekrutmen kadet. Banyak perusahaan yang menjemput bola ke sekolah pelayaran, salah satunya adalah Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya. Demi mendapatkan calon kadet yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, hal ini dilakukan oleh PT. Equinox Bahari Utama (PT. EBU) dengan melakukan seleksi langsung di Kampus 2 Poltekpel Surabaya, pada Kamis (19/10/2023).

Rombongan PT. EBU yang dipimpin oleh Nabila Putri selaku Supportif Officer, dan dua rekannya, yakni Yunita Rahmawati selaku Asssistent Manager dan Resha Idri Yulianti selaku Recruitment Section Head disambut langsung oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Poltekpel Surabaya, Dr. Capt. Mustamin, M. Pd., M. Mar, di ruang museum Gedung Pacific Hall, didampingi oleh staff dari bagian ketarunaan dan alumni.

“Saya sangat berterima kasih kepada PT. Equinox Bahari Utama yang mau menjemput bola dengan mengadakan rekrutmen calon kadet di Poltekpel Surabaya, hal ini sangat membantu  kami dalam hal penyerapan taruna untuk praktik laut maupun praktik darat,” kata Dr. Capt. Mustamin.

Dalam kesempatan ini, sejumlah 30 taruna Poltekpel Surabaya mengikuti proses seleksi yg diselenggarakan oleh PT. EBU. Sebanyak 30 taruna tersebut terbagi dalam empat program studi (prodi), yaitu prodi Nautika sebanyak 10 taruna dengan rincian 7 taruna prodi D-IV TROK dan 3 taruna prodi D-III Nautika. Kemudian dari prodi Teknika sebanyak 10 orang dengan rincian 3 taruna dari prodi D-IV TRPK dan 7 taruna dari prodi D-III Teknika. Selanjutnya dari prodi ETO Pelayaran sebanyak 5 taruna dengan rincian 2 taruna dari prodi D-IV TRKK dan 3 taruna dari prodi D-III ETO. Terakhir ada prodi D-IV Transportasi Laut yang mengirimkan 5 tarunanya untuk mengikuti seleksi praktik darat di PT. EBU.

Pada sesi rekrutmen cadet kali ini dilaksanakan 1 tahapan tes seleksi, yaitu seleksi wawancara. Proses seleksi wawancara tersebut dilaksanakan di Ruang Perpustakaan dan Ruang Rekreasi Taruna Poltekpel Surabaya. Setelah mereka lolos pada tahap ini, seleksi selanjutnya adalah seleksi wawancara dengan users dan dilanjutkan dengan tes psikologi, namun waktu untuk seleksinya belom diketahui. Seleksi cadet ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia pelaut untuk masa depan. Kegiatan seleksi cadet ini diselenggarakan atas kerjasama sub bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni Poltekpel Surabaya dengan PT. EBU yang sudah terjalin sejak lama. (asamy)