Rayakan Idul Adha 1445 H, Poltekpel Surabaya Selenggarakan Penyembelihan dan Pembagian Hewan Kurban

19
Jun 2024
Category : Berita 2024
Author : Admin Poltekpel
Views : 27x

Dua hari setelah Hari Raya Idul Adha, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya melakukan perayaan Idul Adha dengan menyembelih 11 hewan kurban di halaman belakang Sport Hall Poltekpel Surabaya pada Rabu (19/06/2024). Sebanyak tiga sapi dan delapan kambing disembelih di Kampus 2 Poltekpel Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan suatu tradisi yang dilakukan setiap tahunnya sebagai bagian dari ibadah Idul Adha. Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan dengan mengikuti prosedur syariat Islam serta standar kebersihan dan Kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Bapak Akhmad Kasan Gupron, M. Pd., selaku ketua panitia pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 H mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaaan kurban kali ini seluruhnya sudah mengedepankan aspek Syariah. Pemilihan hewan kurban juga dilakukan secara seksama, dilanjutkan dengan proses penyembelihan oleh juru sembelih dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ampel, Surabaya sehingga daging kurban dipastikan halal, serta bersih dan higienis agar layak dibagikan.

“Selain memperhatikan aspek syariah, pengemasan daging kurban juga memperhatikan aspek kesehatan karena dikemas dengan bersih dan higienis,” tuturnya.

Jumlah hewan kurban tahun ini dinilai menjadi jumlah terbanyak sepanjang sejarah Idul Adha di Poltekpel Surabaya. Ini merupakan bukti dari tingginya minat dan semangat dari Sivitas Akademika Poltekpel Surabaya untuk berbagi.

Sasaran berbagi yang dilaksanakan di Poltekpel Surabaya dialokasikan ke berbagai elemen, diantaranya sebanyak delapan kambing disembelih kemudian dimasak untuk makan siang bersama seluruh Sivitas Akademika Poltekpel Surabaya. Sebanyak 106 kantong daging untuk pegawai negeri sipil (PNS), 10 kantong untuk pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), 50 kantong untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), 86 kantong untuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), 8 kantong untuk pegawai BLU, dan 10 kantong untuk para Shohibul kurban.

Selanjutnya, 15 kantong daging untuk cleaning service, 15 kantong untuk karyawan taman, 30 kantong untuk security, 36 kantong untuk pelatih taruna, 6 kantong untuk pegawai pomal, 12 kantong untuk pengajar professional, serta 15 kantong untuk anggota koperasi.

Tak hanya 11 hewan kurban yang disembelih, Poltekpel Surabaya juga menyalurkan bantuan sebanyak 4 sapi dan 13 kambing. Sebanyak 17 hewan kurban tersebut disalurkan ke masjid dan mushola sekitar kampus 1 dan 2 Poltekpel Surabaya, Pondok Pesantren, serta Panti Asuhan yang dilakukan pada Jumat (14/06/2024).

Pembagian daging kurban oleh Poltekpel Surabaya kepada banyak elemen dilakukan sebagai bentuk apresiasi, menguatkan ukhuwah, serta menghidupkan implementasi keindahan dalam berbagi kesesama umat manusia.

“Kurban ini merupakan ibadah kita sebagai umat Muslim, diharapkan tahun depan akan lebih banyak lagi yang berkurban. Kegiatan ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berbuat kebaikan dan meningkatkan rasa kebersamaan. Dengan terlaksananya kegiatan penyembelihan ini, semangat kebersamaan  dan gotong royong yang tercipta antar pegawai Poltekpel Surabaya dengan tarunanya diharapkan dapat terus dipupuk dalam berbagai kegiatan di masa mendatang,” ujar bapak Gupron. (asamy)