Sebanyak 20 Taruna Poltekpel Surabaya Ikuti Seleksi Calon Kadet Unix Line Pte Ltd

19
Oct 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 82x

Unix Line Pte Ltd merupakan sebuah perusahaan pelayaran yang berbasis di Singapura yang bergerak dalam bidang jasa transportasi laut, khususnya dalam pengelolaan kapal tanker yang bermuatan bahan kimia. Pada kesempatan kali ini, dua perwakilan dari Unix Line Pte Ltd mengunjungi Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya untuk mengadakan seleksi kadet Poltekpel Surabaya yang akan melaksanakan praktik laut (prala). Kegiatan seleksi kadet ini dilaksanakan di Ruang Rekreasi, Poltekpel Surabaya pada Kamis (19/10/2023).

Perwakilan Unix Line Pte Ltd yang dipimpin oleh Dwi David selaku Supervisor Crew Recruitment Officer dan seorang rekannya yakni Khairul Arifin selaku Crew Recruitment Officer disambut langsung oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Poltekpel Surabaya, Dr. Capt. Mustamin, M. Pd., M. Mar, dan didampingi oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda, Capt. Siti Fatimah,  S.Si.T., M.Pd., M. Mar serta staff bagian ketarunaan dan alumni di ruang museum Gedung Pacific Hall.

Sebanyak 20 calon kadet Poltekpel Surabaya mengikuti proses seleksi yang diadakan oleh Unix Line Pte Ltd tersebut. 20 calon cadet tersebut terbagi dalam beberapa program studi (prodi), yaitu 3 taruna dari prodi D-IV Teknologi Rekayasa Operasi Kapal, 7 taruna dari prodi D-III Nautika, 1 taruna dari prodi D-IV Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal, 7 taruna dari prodi D-III Teknika, 1 taruna dari prodi D-IV Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal, dan 1 taruna dari prodi D-III ETO Pelayaran.

Proses seleksi kadet tersebut dilaksakan dalam sehari. Terdapat tiga tahapan tes yang diselenggarakan oleh tim seleksi dari Unix Line Pte Ltd, tahapan pertama adalah debat dengan menggunakan bahasa Inggris. Dalam tahapan ini, seluruh peserta dibagi menjadi dua kelompok besar (tim Pro dan tim Kontrak) untuk membahas sebuah tema yang telah ditentukan oleh panitia. Tahap kedua adalah tes tertulis dengan waktu 30 menit. Tahapan terakhir adalah seleksi wawancara.

Dr. Capt. Mustamin menyampaikan ucapan terima kasih kepada perwakilan Unix Line atas kepercayaan yang diberikan kepada Poltekpel Surabaya dan atas kesempatan yang diberikan kepada calon kadet yang akan praktik berlayar untuk dapat bersaing meraih peluang yang ada.

“Saya sangat berterima kasih kepada perwakilan dari Unix Line yang mau menjemput bola untuk menyelenggarakan rekrutmen calon kadet di Poltekpel Surabaya, hal ini sangat membantu kami dalam hal penyerapan taruna untuk praktik laut maupun praktik darat,” ujar Dr. Capt. Mustamin. (asamy)