Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Berikan Semangat dan Arahan di Kegiatan SKD CASN Tahun 2021

30
Sep 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 155x

Penerimaan CASN akhirnya diselenggarakan kembali oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun ini. Hampir seluruh instansi Kementerian, Badan, Pemprov, Pemkot maupun Pemda membuka berbagai macam formasi, baik untuk jenjang SMA/SMK, D3, D4/S1, dan S2. Tidak terkecuali Kementerian Perhubungan. Tes tahap awal CASN, seleksi kompetensi dasar (SKD) diselenggarakan mulai tanggal 14 September 2021 oleh BKN.

Pelaksanaan SKD CASN Kementerian Perhubungan berlangsung pada tanggal 14-27 September 2021 di berbagai titik wilayah perwakilan lokasi tes SKD. Lokasi tes SKD untuk KEMENHUB berada di 12 Kota dari seluruh Propinsi di Indonesia, salah satunya adalah Kota Surabaya yang menjadi lokasi tes SKD.

Demi kelancaran BKN dalam menyelenggarakan SKD CASN di Surabaya, POLTEKPEL Surabaya memberikan dukungan dan bantuan tenaga untuk membantu jalannya alur peserta memasuki ruang ujian. Berlangsungnya tes SKD CASN di Surabaya, yang berlokasi di Jatim Expo ini terbagi menjadi 3 sesi per harinya, dimana dalam 1 sesi total peserta sejumlah 200 orang. Tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, baik dari sisi peserta maupun panitia SKD. Mulai dari pintu masuk peserta, registrasi dan pemberian PIN, pengecekan fisik, ruang tunggu ujian, bahkan ruang SKD sangat tertata.

Ribuan peserta yang mengikuti SKD CASN tahun ini, harus mempersiapkan berkas tambahan, diantaranya adalah sertifikat vaksin yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan bukti penyataan telah divaksin melalui SMS dari 1199, surat deklarasi sehat yang dapat diunduh dari website sscasn, dan hasil Swab PCR atau Rapid Antigen asli dan legal dari klinik, RS, atau Puskesmas terdekat.

Sabtu pagi (25/9/2021), tepat pada hari ke-12 kegiatan tes SKD CASN KEMENHUB, Sekretaris Jendral (Sekjen) Perhubungan, Ir. Djoko Sasono, M.Sc., Eng. turut hadir diawal sesi 1 pelaksanaan SKD untuk meninjau langsung dan berkeliling bagaimana urutan proses SKD yang dilalui oleh peserta di Jatim Expo Surabaya. Sekjen Perhubungan juga memastikan apakah seluruh panitia dan peserta SKD benar-benar mematuhi standar prokes selama proses SKD berlangsung. Tak lupa beliau memberikan motivasi, semangat, dan meyakinkan pada kemampuan diri-sendiri kepada seluruh peserta SKD bahwa apapun hasilnya nanti adalah yang terbaik. Ir. Djoko Sasono, M.Sc., Eng berharap dengan adanya seleksi CASN tahun ini dapat mewujudkan seorang ASN yang professional.

“Saya berharap kepada rekan-rekan semua kelak bisa menjadi seorang ASN yang selalu meningkatkan kerja secara profesional, agar sektor transportasi dapat terus dikembangkan dan dibangun demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat”, tegasnya. Selepas itu, Sekjen Perhubungan menyerahkan kembali kepada BKN dan POLTEKPEL Surabaya selaku panitia SKD di Jatim Expo dalam berjalannya proses SKD hingga hari terakhir SKD CASN KEMENHUB mendatang. (DW)