SIPENCATAR 2024: POLTEKPEL SURABAYA GELAR SOSIALISASI DI BONDOWOSO

28
Mar 2024
Category : Berita 2024
Author : Admin Poltekpel
Views : 35x

Usai melaksanakan sosialisasi mengenai perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menggencarkan sosialisasi mengenai Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya Tahun 2024. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang profil Poltekpel Surabaya, pilihan prodi yang ada di Poltekpel Surabaya serta jalur pendaftaran Sipencatar yang diselenggarakan di Poltekpel Surabaya. Kegiatan Sosialisasi ini diawali di Kabupaten Bodowoso, Jawa Timur.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL), Dr. Ir. Ahmad, M.M.Tr., QIA., CFr.A, membuka sosialisasi tentang Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya di Grand Ballroom Grand Padis Hotel Bondowoso, Kamis (28/03). Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso, M. Syaarifudin, S.Ag, M.Pd.I, Direktur Poltekpel Surabaya, Moejiono, MT, M.Mar.E, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bondowoso, Agus beserta jajaran, Kepala KSOP Kelas IV Probolinggo, Kepala KSOP Kelas IV Kalianget, dan Kepala UPP Kelas II Branta menghadiri sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 200 peserta yang terdiri dari guru dan siswa-siswi yang berasal dari 70 SMA/SMK sederajat di Kabupaten Bondowoso.

Acara dibuka oleh sambutan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso yang mengajak para siswa untuk termotivasi mencoba mencari peluang melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi di Kementerian Perhubungan. Dilanjutkan sambutan dari Kepala PPSDMPL yang bercerita sebagai putra setempat yang juga saat ini mampu menjadi salah satu pimpinan di satuan kerja Kementerian Perhubungan dan pernah menjadi pimpinan di beberapa perguruan tinggi di Kementerian Perhubungan. Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing alumni dan taruna aktif Poltekpel Surabaya sekaligus putra daerah setempat juga menceritakan kisah suksesnya setelah menempuh Pendidikan di Poltekpel Surabaya.

Pada sesi diskusi dan paparan, dilaksanakan pengenalan 22 perguruan tinggi Kementerian Perhubungan oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan PPSDMPL, Bapak Arizal Hendriawan, M.Sc., serta pengenalan profil Poltekpel Surabaya beserta Sipencatar tahun 2024 yang disampaikan oleh Direktur Poltekpel Surabaya yang diwakili oleh Kepala BAAK Poltekpel Surabaya, Bapak Dr. Capt. Mustamin, M.Pd., M.Mar.. Setelah sesi paparan dan diskusi, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanyajawab bersama para peserta.

Acara makin meriah ketika tiba sesi permainan Kuis Kahoot dimana para peserta berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan seputar Sosialisasi Perguruan Tinggi Kemenhub secara cepat dan tepat. Panitia telah menyiapkan puluhan hadiah untuk dibagikan kepada para peserta yang beruntung. Selain penyerahan hadiah bagi 5 terbaik pemenang kuis, pembagian hadiah bagi para penanya dan peserta yang hadir paling awal sekaligus menutup rangkaian acara pada Sosialisasi Sipencatar Poltekpel Surabaya Tahun 2024 di Kabupaten Bondowoso. Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini, putra-putri di Kabupaten Bondowoso dapat termotivasi meningkatkan kualitas diri, meraih kompetensi di dalam bidang pendidikan transportasi khususnya transportasi laut melalui diklat di Poltekpel Surabaya. (RA)