Taruna ETO Poltekpel Surabaya Berhasil Buat “Robot” Pemindah Petikemas Tanpa Awak

16
May 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 49x

SURABAYA (BeritaPoltekpel.com) – Taruna Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Jawa Timur khususnya dari program studi (prodi) Electric Technical Officer (ETO) membuat inovasi robot atau mesin pengggerak dan pengatur serta pemindahan kendaraan atau petikemas tanpa awak. Robot itu bisa bergerak mengikuti alur barisan yang cukup dikendalikan dari jarak jauh.

Temuan baru taruna prodi ETO Poltekpel Surabaya itu ditampilkan dan dipamerkan pada tamu undangan dan keluarga wisudawan menjelang wisuda Perwira Pelayaran Poltekpel Surabaya, dan dihadapan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si dan tamu undangan lain di Lobby Gedung Utama Poltekpel Surabaya, Senin (25/4/2016).

IMG_8491

“Kendaraan tanpa awak itu bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi produk iptek yang hemat energi dan praktis digunakan. Robot itu bisa membantu memperlancar mobilitas dan pergerakan kendaraan dan barang terutama di pelabuhan, stasiun atau terminal darat di Tanah Air,” kata Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Marihot Simanjuntak,MM saat mendampingi Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo dan undangan lainnya.

Eko-dan-robot

Temuan para taruna jurusan elektrik atau ETO Poltekpel Surabaya ini, lanjut Capt. Marihot memang masih dalam bentuk prototype yang sederhana sekali. Masih perlu penyempurnaan dan penguatan di berbagai hal dari hasil temuan para taruna muda dan madya Poltekpel Surabaya itu.

“Tapi, dengan sentuhan tangan-tangan trampil serta dukungan produk ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang canggih, tentu bisa diwujudkan dalam bentuk yang sesungguhnya,” jelas Capt. Marihot.

Menurutnya, setiap taruna dari prodi berbagai di Poltekpel Surabaya didorong dan diarahkan untuk menghasilkan temuan-temuan baru yang bersifat praktis dan tepat guna. Selama masih taruna, mereka dididik dan diarahkan untuk membuat dan menghasilkan temuan-temuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan ini.

“Dari prodi ETO Poltekpel Surabaya salah satu temuannya adalah robot yang dipamerkan ini,” tukas Capt. Marihot didampingi staf Poltekpel Capt. Jaja Suparman dan Eko Sudarmanto, M.Pd, M.Mar.E itu.

IMG_8026

Yang pasti, menurut Eko, seluruh taruna Poltekpel Surabaya diarahkan dan didorong untuk bisa menghasilkan temuan-temuan baru sesuai bidang kajian masing-masing, terutama dengan memanfaatkan produk dan ilmu pengetahuan serta teknologi yang makin canggih sekarang.

“Produk iptek yang canggih ini harus dimanfaatkan sedemikian rupa untuk membantu meringankan tugas dan pekerjaan manusia. Dengan begitu diharapkan produktivitas naik dan pelayanan yang lebih baik,” tegas Eko Sudarmanto.(Helmi)