Taruna Transportasi Laut Poltekpel Surabaya Raih Medali Perunggu dan Poster Terfavorit di Ajang FAPERTA FAIR 3

17
Jun 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 70x
Taruna Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya kembali meraih prestasi gemilang dalam ajang lomba Futuristics and Prestige Research, Technology and Art (FAPERTA FAIR 3) Tingkat Nasional tahun 2023. Ajang ini digelar oleh Sentosa Foundation yang bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Wathan Mataram atau biasa disebut juga UNW Mataram. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 17 – 19 Juni 2023 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Tema yang diusung dalam ajang FAPERTA FAIR 3 ini adalah “Ide dan Inovasi untuk Mewujudkan Indonesia yang Lebih Baik.” Sebanyak 130 peserta finalis hadir dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Para peserta berkompetisi dalam berbagai lomba karya tulis ilmiah, penulisan essai dan puisi.
Tim Al-Fatih dari Poltekpel Surabaya yang beranggotakan Ahmad Lazim (ketua tim), Dhea Putriana Cahya Azizah, serta Rizki Adi Pratama yang merupakan taruna-taruni dari jurusan Transportasi Laut berhasil meraih penghargaan Poster Terfavorit dan Medali Perunggu dalam lomba karya tulis ilmiah nasional. Subtema yang dipilih oleh tim Al-Fatih adalah lingkungan. Ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti oleh mereka, tahapan seleksi yang diawali dari pengajuan abstrak dengan bahasan “TRASHVES” atau Trash-Vessel. TRASHVES merupakan media alternative dalam penyelesaian masalah sampah di wilayah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. TRASHVES dihadirkan untuk dapat membantu dalam pengangkutan dan terintegrasi dengan aplikasi sebagai media informasi sampah untuk pihak petugas, operator kapal dan pihak PLTSa.
TRASHVES diperuntukkan sebagai solusi untuk pengangkutan sampah yang terintegrasi dengan aplikasi dan mendukung ketahanan energi yang masih menjadi tantangan besar bangsa Indonesia. Nantinya sampah-sampah yang belum diolah dimasing-masing wilayah akan diintegrasikan dengan aplikasi smart trash app dan akan diangkut menggunakan inovasi kapal dengan rute jalur dan waktu yang sudah dijadwalkan dengan memperhitungkan operasional kebutuhan dimasing-masing wilayah.
Sementara itu, kepala jurusan Transportasi Laut, Faris Nofandi,S. Si.T., M. Sc., yang mendampingi tim Al-Fatih berangkat ke Lombok menyampaikan apresiasi atas capaian prestari yang diraih oleh Al-Fatih. Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa taruna-taruni Poltekpel Surabaya dapat bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang berada di Indonesia.
Taruna Poltekpel Surabaya, khususnya dari jurusan Transportasi Laut, memiliki kemampuan dedikasi yang tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Capaian prestasi mereka ini tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena mereka telah beberapa kali memperoleh medali dalam ajang lomba karya tulis ilmiah nasional yang diadakan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Prestasi yang diraih tim Al-Fatih diharapkan dapat menjadi sebuah inspirasi bagi taruna-taruni lainnya untuk terus mengembangkan potensi diri serta mengukir prestasi yang lebih tinggi lagi.
“Kami sangat bangga dengan pencapaian ini dan ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus mendukung dan memberikan pembinaan kepada taruna-taruni Poltekpel Surabaya agar dapat mengembangkan potensi diri mereka secara optimal.” Kata bapak Faris. (asamy)