Layanan Diklat ( WA Only)

08113346999

: info@poltekpel-sby.ac.id 031-8714643 / 8714673 JL. Gunung Anyar Boulevard No.1
Politeknik Pelayaran Surabaya
SHARE :

WEBINAR NASIONAL Kolaborasi Membangun SDM Transportasi Laut Dan Logistik

15
09/2020
Kategori : Berita

Author : Administrator Web PoltekPel


WEBINAR NASIONAL Kolaborasi Membangun SDM Transportasi Laut Dan Logistik

Sebagai negara maritim dengan 17.480 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Keberagaman budaya, ras, suku bangsa tersebar di seluruh penjuru negeri merupakan kekayaan dan keindahan tersendiri yang dimiliki bangsa Indonesia. Tak dapat dielakkan lagi jika transportasi laut merupakan sarana transportasi utama yang menghubungkan memperlancar arus logistik nasional pada pulau demi pulau di seluruh Nusantara.¬† Transportasi laut Indonesia berkembang semakin besar dari tahun ke tahun. Sektor transportasi ini pun pada akhirnya menjadi ‘urat nadi’ perekonomian Indonesia.

Hal itulah yang mendasari pelaksanaan Webinar Nasional bertajuk Kolaborasi Membangun SDM Transportasi Laut dan Logistik Pada Situasi Turbulance Covid-19 Menuju Visi Logistik Indonesia 2025, hari Senin (14/09/2020) lalu. Webinar nasional hasil kerjasama antara Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya dengan Universitas Muhammadiyah Kupang ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dalam membangun ekosistem pendidikan berakhlak dan kompeten untuk mengembangkan kinerja pelayanan transportasi (marine service) dan logistic nasional yang berdaya saing global dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga untuk mempersiapkan diri membangun integrase dan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, pelaku bisnis transportasi, marine service, dan logistic untuk mewujudkan performa SDM transportasi laut dan logistik yang siap bersaing di pasar global.

Webinar nasional ini menghadirkan narasumber-narasumber ternama di bidangnya antara lain dari kalangan akademisi, Dosen POLTEKPEL Surabaya, Dr. Triesnowati Rahayu, M.AP, dan Dosen Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Syarifuddin, SE, MM, serta dari kalangan pelaku bisnis transportasi laut dan logistik, CEO PT. Pelindo Marine Service, Eko Haryadi, M.Sc, MM, dan Direktur PT. BMC Logistik, Dr. Gugus Widjonarko, MM. Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Sugihardjo, M.Si, juga turut berbagi wawasan dalam acara ini sebagai Keynote Speaker. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Sahattua P. Simatupang, MM, MH, Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Zainur Wula, M.Si, serta tuan rumah Direktur POLTEKPEL Surabaya, Capt. Dian Wahdiana, MM. Dipandu oleh moderator mumpuni yang juga seorang dosen di POLTEKPEL Surabaya, Dr. Karmini, M.PA, webinar nasional ini sekaligus menyemarakkan rangkaian acara peringatan Dies Natalis atau HUT POLTEKPEL Surabaya yang ke-38.

Webinar nasional ini digelar pada Senin, 14 September 2020 pukul 13.00 – 16.00 WIB membahas berbagai isu dan permasalahan dalam bidang transportasi laut dan logistik, mulai dari perkembangan transportasi laut Indonesia dari masa ke masa, program tol laut, hingga peran transportasi laut dan logistik dalam merajut integrase dan kolaborasi menuju Visi Logistik Indonesia 2025.

Berita Lainnya