WISUDA KE 50: WISUDA GABUNGAN ANTARA TARUNA DAN PERWIRA SISWA KALI PERTAMA DI POLTEKPEL SURABAYA

16
May 2024
Category : Berita 2024
Author : Admin Poltekpel
Views : 11x

Sebanyak 783 perwira transportasi laut dari Program Sarjana Terapan, Program Diploma III, dan Perwira Siswa Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya resmi diwisuda pada Kamis (16/05/2024) lalu di Lapangan Plaza Poltekpel Surabaya. Lulusan yang dilantik tersebut terdiri dari 141 perwira Program Sarjana Terapan yang terdiri dari 68 perwira lulusan Prodi Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK), 42 perwira lulusan Prodi Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK), 30 perwira lulusan Prodi Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal (TRKK), dan 1 perwira lulusan Prodi Transportasi Laut (Transla), serta 121 perwira program Diploma III yang terdiri dari 51 perwira lulusan Prodi Nautika, 52 perwira lulusan Prodi Teknika, dan 18 perwira Prodi Elektro Pelayaran.

Yang menarik pada wisuda kali ini adalah ini merupakan kali pertama dilaksanakan wisuda gabungan antara taruna dan perwira siswa. Sebab selain dari jumlah total perwira transportasi laut yang sudah disebutkan, juga termasuk 521 perwira siswa dari program Diklat Peningkatan. Lulusan tersebut terdiri dari 144 perwira siswa Diklat Pelaut Tingkat I (DP-I), 129 perwira siswa Diklat Pelaut Tingkat II (DP-II), 41 perwira siswa Diklat Pelaut Tingkat III (DP-III), 23 perwira siswa Diklat Pelaut Tingkat IV (DP-IV), 13 perwira siswa Diklat Pelaut Tingkat V (DP-V), dan 49 perwira siswa Diklat ETO Peningkatan dan Penyetaraan.

Tema yang diusung dalam wisuda perwira transportasi laut ke 50 Poltekpel Surabaya kali ini adalah “To Support Inclusive and Sustainable Maritime Safety”. Hal ini dimaksudkan demi mendukung program pemerintah jangka panjang dalam menciptakan SDM yang siap bersaing di dunia internasional yang mengutamakan keselamatan pelayaran yang inklusif dan berkeberlanjutan. Selain itu hal yang menarik pada wisuda ke 50 ini yaitu kembali digunakannya dua bahasa dalam rangkaian upacara wisuda. Seluruh rangkaian acara disampaikan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan ini yakni Anggota Komisi V DPR-RI Dapil 7 Jawa Timur, Dr. H. Ali Mufthi, S.Ag., M.Si. Beliau mengucapkan selamat kepada para perwira transportasi laut yang baru saja diwisuda atas keberhasilan menyelesaikan jenjang pendidikan dan pelatihan. Beliau juga berharap, dengan wisuda ini para perwira tersebut dapat terus mengembangkan diri untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Emas dan memiliki komitmen dalam keselamatan pelayaran yang inklusif dan berkeberlanjutan.

Selain anggota dewan, momen berharga ini juga dihadiri para pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan, Dewan Pengawas Poltekpel Surabaya, Para pimpinan stakeholder mitra kerjasama. Acara ini disiarkan secara langsung di media sosial Politeknik Pelayaran Surabaya, melalui live streaming Youtube, Live Instagram dan Live TikTok.

Acara yang dimulai sejak pukul 7 pagi tersebut berlangsung khidmat dan meriah, karena usai kegiatan upacara wisuda inti, para tamu undangan disuguhkan penampilan atraksi taruna-taruni Poltekpel Surabaya dalam berbagai bentuk kesenian. Diantaranya penampilan atraksi Tari kolosal Reog Ponorogo yang mengangkat cerita pewayangan, gerak tari dan lagu paduan suara Gema Swara Samudera, Marching Band Gita Swara Samudera, dan Flashmob Bersama wisudawan dan taruna Poltekpel Surabaya. Usai upacara dan persembahan taruna-taruni Poltekpel Surabaya, para perwira transportasi laut yang telah diwisuda tersebut bergabung bersama keluarga masing-masing untuk berbagi momen kebahagiaan. Sedangkan para tamu undangan VVIP mengikuti kegiatan ramah tamah di ruang Auditorium Poltekpel Surabaya. (RA)