355 Tunas Taruna Poltekpel Surabaya Dikukuhkan Menjadi Taruna Muda

1
Dec 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 209x

Setelah 3 bulan menjalani kehidupan di asrama sebagai calon taruna, pada hari Jumat (01/12/2023), calon taruna batch XIV Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya resmi dikukuhkan menjadi Taruna Muda Poltekpel Surabaya. Kegiatan pengukuhan (inaugurasi) yang digelar di Lapangan Bintang Poltekpel Surabaya tersebut dihadiri oleh manajemen Poltekpel Surabaya, para orang tua Taruna Muda, serta tamu undangan lainnya. Inaugurasi Taruna Muda angkatan XIV Poltekpel Surabaya ini mengusung tema “Siap Menjadi Unggul dan Berprestasi. Together to Give the Best

Pengukuhan tersebut dibuka oleh Dr. Capt. Mustamin M.Pd., M.Mar selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada 335 calon Taruna Muda yang telah berhasil lulus seleksi dan resmi menjadi Taruna Muda Poltekpel Surabaya.

“Selamat kepada para Taruna Muda yang telah berhasil lulus seleksi dan resmi menjadi Taruna Poltekpel Surabaya. Perjuangan kalian masih panjang, tapi saya yakin kalian semua bisa melewatinya dengan baik,” kata Dr. Capt. Mustamin.

Selama 3 bulan menjalani pendidikan di asrama, seluruh calon taruna wajib mengikuti rangkaian pendidikan yang telah dirancang oleh Poltekpel Surabaya diantaranya adalah mengikuti kegiatan Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) dan kegiatan Masa Orientasi Disiplin (MOD). Pelaksanaan Madatukar calon taruna program Pola Pembibitan (Polbit) diselenggarakan pada 10 – 21 September 2023 di Balai Pendidikan dan Pelatihan Pembangunan Karakter SDM Transportasi (BP3KSDMT) Ciwidey. Sedangkan untuk kegiatan Madatukar calon taruna program Non Polbit dilaksanakan pada 13 – 19 September 2023 di Pusat Latihan Tempur Marinir 04, Purboyo, Malang. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan English Camp di Pujon, Malang pada 20 – 23 September 2023. Setelah itu, seluruh calon taruna diwajibkan untuk mengikuti kegiatan MOD di Kampus II Poltekpel Surabaya pada tanggal 27 September sampai dengan tanggal 11 Oktober 2023.

Sebagai taruna Poltekpel Surabaya, mereka tak hanya belajar dibidang akademik mengenai dunia pelayaran maupun kepelabuhanan, namun juga berkesempatan untuk belajar maupun mengembangkan minat dan bakatnya di bidang kesenian dan olahraga. Pada inaugurasi kali ini diisi dengan penampilan luar biasa dari Taruna Muda angkatan XIV yang sangat berbakat, mulai dari tarian tradisional, PBB kreasi, angklung, karawitan, band, paduan suara, kolonel senapan, fashion show seragam taruna, dan juga story telling tentang menjadi Calon Taruna di Poltekpel Surabaya.

Setelah pengukuhan, kegiatan dilanjutkan dengan apel pesiar yang dipimpin oleh Direktur Poltekpel Surabaya, Moedjiono S.T., M.Mar.E. Dalam apel tersebut, beliau memberikan motivasi kepada segenap Taruna Muda yang akan melakukan pesiar.

“Kepada taruna muda Poltekpel Surabaya, dihadapan kalian ada orang tua kalian yang sudah 3 bulan tidak berjumpa. tetap ingat pesan dan amanat yang diberikan oleh orang tua kalian. Temui dan peluk orang tua kalian yang selalu mendo’akan kalian siang dan malam. Hati-hati selama melaksanakan kegiatan pesiar serta jangan lupa untuk tetap mengikuti kegiatan perkuliahan secara daring,” ujarnya.

Acara inaugurasi ditutup dengan pemasangan chevron oleh para orang tua ataupun wali. Momen tersebut menjadi sangat mengharukan karena setelah tiga bulan tidak bertemu, akhirnya para orang tua bisa bertemu kembali dengan Putra/Putri mereka dan memasangkan chevron sebagai tanda telah berhasil menjadi Taruna Poltekpel Surabaya. (asamy)