Launching Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2018 Dan Penyerahan Buku Pelaut Gelombang II Wilayah NTB Tahun 2018

23
Feb 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 60x

page

Mataram, Lombok NTB – Pada Hari Senin tanggal 19 Februari 2018, bertempat di halaman kantor Dinas Perhubungan NTB kota Mataram, Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya dan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  menjalin kerja sama tahun 2018 ini dengan mengadakan kegiatan launching Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat  untuk SMK di Mataram sekaligus penyerahan buku pelaut kepada peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat untuk gelombang II wilayah NTB tahun 2017 sejumlah 274 buku pelaut. Yang mana ini merupakan bagian dari 386 orang peserta Diklat DPM dari NTB yang telah menyelesaikan Diklat DPM nya di Poltekpel Surabaya pada tahun 2017 yang lalu. Untuk tahun  2018 ini Dinas Perhubungan Provinsi NTB telah merencanakan menyiapkan calon peserta sebanyak 600 orang, yang nantinya  akan mengikuti seleksi administrasi dan seleksi kesehatan. Diharapkan dengan adanya kerja sama antara Poltekpel Surabaya dan Dishub Pemprov. NTB ini, dapat memberikan manfaat dalam menyiapkan SDM bidang kelautan khususnya awak kapal yang diharapkan dapat segera bekerja di kapal-kapal niaga.

IMG-20180223-WA0005

Pada kegiatan launching Diklat DPM tahun 2018 dan penyerahan buku pelaut untuk gelombang II tahun 2017 di Mataram ini, dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Prov. NTB Bapak L.Bayu Windia, Direktur Potekpel Surabaya yang dalam hal ini diwakili oleh Wadir II Bapak Egbert E, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten se-Pulau Lombok, Kepala Sekolah SMK Pelayaran Mataram dan Kepala Sekolah SMK 1 Alas Kab.Sumbawa. Untuk jenis Diklat DPM yang akan diberikan terdiri dari BST (Basic Safety Traning), AFF (Advance Fire Fighting) dan SAT (Securty Awarennes Tranining). Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perhubungan  Provinsi NTB, mangatakan kepada peserta DPM yang hadir, untuk dapat memanfaatkan sertifikat dan buku pelaut tersebut untuk dapat segera bekerja di atas kapal-kapal niaga. Begitu pula dalam sambutan Direktur Poltekpel Surabaya yang dalam hal ini dibacakan oleh Wadir II, mengatakan bahwa pentingnya untuk menyiapkan SDM yang terampil dan professional khususnya yang mengawaki kapal-kapal niaga , yang salah satunya dihasilkan dari Diklat Pemberdayaan ini.   (Ari Yudha-poltekpel sby)