Kunjungan Marlins Ke Politeknik Pelayaran Surabaya

28
Jun 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 133x

IMG_0241

Marlins merupakan bentuk tes yag wajib diikuti oleh semua pelaut Internasional termasuk Indonesia. Marlins test sangat popular dikalangan dunia kemaritiman karena hampir semua perusahaan pelayaran internasional menggunakan tes ini sebagai syarat penerimaan crew kapal utamanya tingkat perwira. Marlins test memiliki bentuk yang hampir sama dengan Toefl test maupun Toeic test.

IMG_0248

Dalam rangkah ingin melihat potensi yang dimiliki oleh Politeknik Pelayaran Surabaya (Poltekpel), pada hari jum’at,24 Juni 2016, seorang International Trainer Kathryn Taylor dari Marlins yang berkedudukan di London, UK. Menyempatkan diri berkunjung ke Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya. Trainer yang memiliki nama panggilan miss. Katie sebelum bertemu dengan Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Marihot Simanjuntak menyempatkan diri bersama unit Bahasa melihat laboratorium bahasa serta berdiskusi tentang penggunaan bahasa Inggris Maritim dikalangan Taruna Poltekpel Surabaya.

Miss Katie sangat optimis dan mendukung ketika unit Bahasa yang dikomandani Moh. Darwis, menyinggung pendirian Marlins Test Centre di Politeknik Pelayaran Surabaya.  Kathryn sangat mengagumi Poltekpel Surabaya, karena beliau sempat menolak berkunjung ke UPT Perhubungan yang lain dikarenakan keterbatasan waktu. Kesempatan itupun dimanfaatkan dengan berfoto ria persis didepan gedung utama yang memiliki bentuk seperti kapal. Diterima diruang kerja Direktur. Capt. Marihot Simanjutak  meminta supaya segera bisa didirikan Marlin Test Centre di dalam kampus disamping sangat di perlukan oleh pelaut, juga dikarenakan memiliki MOU dengan perusahaan pelayaran asing  yang terus meningkat setiap tahunnya.

IMG_0246

Dengat diplomatis Kathryn meminta untuk mengajukan surat permintaan ke pihak Marlins London dan menjamin tidak sampai satu tahun ijin tersebut akan turun. Marlin Test Centre merupakan tempat yang mendapat legalisasi secara penuh pihak Marlins UK untuk mengadakan tes Marlin bagi para officer untuk bekerja di perusahaan – perusahaan pelayaran asing. Selama ini pihak unit Bahasa hanya memberikan preparation untuk Marlin dan mengadakan Marlins like test tanpa menerbitkan sertifikat. Dengan adanya Marlins test centre pihak Poltekpel Surabaya secara resmi bisa menerbitkan sertikat resmi kepada semua Taruna, Pasis, dan semua pihak yang berkepentingan.

Kedatangan Kathryn yang kali pertama di Surabaya direspon oleh unit bahasa dengan menawari dia berkeliling kota yang umum dilakukan para turis. Namun secara halus miss Katie menolak karena masih lelah setelah perjalannya dari Aceh. Disamping rasa penasaran beliau dengan hasil referendum negaranya Inggris apakah berpisah dari Uni Eropa apa tidak. (Bahasa_red)