91 KANTONG DARAH BERHASIL DISUMBANGKAN OLEH PENDONOR POLTEKPEL SURABAYA

8
Jun 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 187x
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan rutin donor darah di Gedung Arctic Auditorium, Poltekpel Surabaya pada Kamis (08/06/2023). Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua kalinya Poltekpel Surabaya menggelar donor darah pada tahun 2023 ini.
Penanggung jawab kegiatan donor darah ini, dr. Dewi Widowati, menuturkan bahwa dalam donor darah kali ini, setidaknya terdapat 134 peserta yang ingin berpartisipasi mendonorkan darahnya. Setelah melalui tahap awal pemeriksaan yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa banyak peserta yang kecewa karena tidak lulus seleksi kesehatan ditahap awal. Penyebab gagalnya peserta tersebut antara lain karena kadar Hemoglobin (Hb) yang rendah atau terlalu tinggi, tensi darah yang rendah, mengkonsumsi antibiotic dalam kurun waktu seminggu sebelum donor darah, peserta perempuan sedang menstruasi, serta baru melaksanakan vaksin booster Covid-19.
Disamping kriteria yang wajib dipenuhi tersebut, syarat lainnya adalah peserta harus memiliki tubuh yang sehat secara jasmani. Hal ini penting, mengingat darah pendonor akan dimasukkan ke dalam tubuh seseorang yang membutuhkannya.
Dari kegiatan kali ini, sebanyak 91 kantong darah berhasil didapatkan oleh PMI Kabupaten Sidoarjo. Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari para pegawai dan taruna-taruni Poltekpel Surabaya. Beberapa dari mereka telah terbiasa untuk mendonorkan darahnya bahkan telah menjadi pendonor tetap di PMI.
Donor darah yang diselenggarakan oleh Sivitas Akademika Poltekpel Surabaya ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tiga bulan sekali guna untuk mewujudkan program kepedulian terhadap sesama manusia. Selain bertujuan untuk memperkaya cadangan darah di PMI, dengar mendonorkan darah dapat menjadi sirkulasi bagi darah kita sekaligus untuk mengetahui tekanan darah dan kadar Hb di dalam tubuh kita.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah pada hari ini, semoga menjadi amal dan bermanfaat bagi sesama. Bagi para peserta yang gagal saya harap jangan terlalu kecewa, mungkin bisa dicoba lagi di lain kesempatan.” Ujar dr. Dewi yang juga menjabat sebagai Kepala Unit Kesehatan, Klinik Utama Altair, Poltekpel Surabaya. (asamy)