Berikan Kuliah Umum Bagi Civitas Akademika Politeknik Pelayaran Surabaya, Sekretaris Jenderal Kemenhub Sekaligus Melepas Calon Taruna Untuk Madatukar Di Bandung

25
Sep 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 102x

(Surabaya, 22/9). Politeknik Pelayaran Surabaya kembali menyelenggarakan kuliah umum guna peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi civitas akademika-nya. Kali ini giliran Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc (Eng) yang memberikan pembekalan pada acara Sabtu pagi ini. Turut hadir pula Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenhub, Harry Kriswanto, SH. DESS, yang didapuk untuk memberikan ceramah pengantar.

Acara diawali dengan sambutan dari Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya, Capt. Heru Susanto, M.M,  yang melaporkan bahwa salah satu peserta kuliah umum kali ini adalah calon taruna Pola Pembibitan yang akan berangkat untuk mengikuti Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) di Bandung. Sebelum sesi inti, Djoko yang pernah menjabat sebagai Kepala BPSDM Perhubungan ini meminta Hary Kriswanto untuk memberikan ceramah pengantar. Dalam ceramahnya, Hary berpesan bahwa civitas akademika Politeknik Pelayaran Surabaya harus menjadi insan yang bermanfaat sebanyak mungkin bagi orang lain dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Dalam materi kuliah dengan tema kebijakan pemerintah dan SDM di bidang transportasi, Sekretaris Jenderal Kemenhub menyampaikan bahwa tantangan dalam pembangunan saat ini adalah era digitalisasi disegala bidang. Sementara itu, kondisi yang dihadapi dalam pembangunan sangat kompleks antara lain luasnya wilayah NKRI serta jumlah penduduk yang banyak dan heterogen dengan tingkat pendidikan yang masih rendah. Hal ini membutuhkan strategi peningkatan daya saing, alokasi anggaran yang produktif, serta pengambilan keputusan yang efektif. Untuk itu, Pejabat yang dikenal sangat humble ini berpesan agar seluruh insan perhubungan dapat memberikan pelayanan prima, menguasai teknologi informasi, serta menjadi SDM yang unggul.

Setelah kuliah umum tersebut, Bapak Sekretaris Jenderal Kemenhub juga berkenan untuk mengikuti upacara pelepasan Calon Taruna (Catar) Pola Pembibitan untuk mengikuti Madatukar di Bandung. Kembali Djoko mengingatkan kepada para taruna agar terus menjaga kedisiplinan dalam mengikuti setiap kegiatan sehingga sikap ini mengkristal dan menjadi karakter unggul. Diiringi dengan drumband Gita Swara Samudra dan ditandai dengan kibasan bendera, secara resmi Sekretaris Jenderal Kemenhub didampingi oleh Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya melepas Catar untuk digembleng kedisiplinan dan kesamaptaannya di Balai Diklat Pembentukan Karakter SDM Transportasi Pasir Jambu Ciwidey Bandung sebagai bekal bagi penerus panji perhubungan yang prima, professional dan beretika.