BON VOYAGE CLASS I, II, III, IV,V NAUTIKA, TEKNIKA & ETO POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

15
Aug 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 101x
Selasa (15/08/23) pagi, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya melaksanakan Bon Voyage bagi 416 perwira siswa (pasis) Diklat Peningkatan Tingkat I hingga Tingkat V sebagai Ahli Nautika dan Ahli Teknika serta pasis Diklat ETO Penyetaraan. Pelantikan yang disebut dengan Upacara Bon Voyage Pasis ini diselenggarakan di Arctic Auditorium Poltekpel Surabaya.
Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP), Bapak Djoko Sasono, selaku inspektur upacara menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian para pasis yang telah menyelesaikan Pendidikan di Poltekpel Surabaya. Beliau juga menyampaikan kebanggaannya kepada para pelaut wanita yang pada kesempatan ini telah berhasil menyelesaikan pendidikan tertinggi bagi pelaut pada DP-I Poltekpel Surabaya. Hal ini mengisyaratkan bahwa kesetaraan gender di dunia pelayaran sudah semakin terbuka. Beliau pun menyempatkan untuk berfoto bersama 7 srikandi pelaut yang telah dilantik sebagai bentuk apresiasi.
Mengusung tema “The Competent Seafarers are Committed to Protecting the Marine Environment and Sustainable Shipping“, beliau menekankan pentingnya kontribusi dari para Pelaut sebagai Key Workers yang merupakan kunci dari perdagangan global di era disrupsi seperti saat ini, dibutuhkan kemampuan adaptasi, kreativitas dan keuletan yang tinggi untuk meningkatkan kompetensi di era new normal ini demi menciptakan dunia pelayaran yang stabil dan lingkungan kemaritiman yang aman.
Pada kesempatan ini Direktur Poltekpel Surabaya, Bapak Heru Widada, MM, melaporkan 416 pasis yang dilantik terdiri dari 78 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat I Keahlian Nautika dan 47 pasis Diklat Peningkatan Tingkat I Keahlian Teknika, 74 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat II Keahlian Nautika dan 69 pasis Diklat Peningkatan Tingkat II Keahlian Teknika, 23 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat III Keahlian Nautika dan 54 pasis Diklat Peningkatan Tingkat III Keahlian Teknika, 13 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat IV Keahlian Nautika, 17 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat IV Keahlian Teknika, serta 17 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat V Keahlian Nautika dan 18 pasis Diklat Peningkatan Tingkat V Keahlian Teknika, serta 6 pasis Diklat ETO Penyetaraan. Hal yang menarik pada Bon Voyage kali ini adalah dilantiknya pasis kelas khusus ASN yang telah menyelesaikan Diklat Peningkatan Tingkat I di Poltekpel Surabaya.
Menambahkan hal tersebut di atas, beliau berpesan agar para pasis terus dapat berkontribusi dalam menciptakan SDM Transportasi Laut yang memiliki nilai-nilai PRESTASI atau bila dijabarkan menjadi: Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas. (RA)