Cadet Character Class jembatan Taruna/i menjadi SDM Perhubungan yang Unggul di Bidang Transportasi Laut

10
Feb 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 171x

Apakah mengembangkan softskill bagi para Taruna/i penting? Jawabannya penting, sangat penting. Softskill sendiri adalah kemampuan alami atau non teknikal yang dimiliki dan melekat pada  individu dan bisa dikembangkan dengan maksimal. Selain hard skill (ilmu pengetahuan atau kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja yang didapatkan di pendidkan formal seperti bangku perkuliahan, sekolah, seminar dan lain lain) maka softskill juga harus dikembangkan. Hidup di era globalisasi yang semakin maju maka persaingan juga akan semakin ketat. Dengan mempunyai ciri khas maka diharapkan seseorang mampu bersaing dalam menghadapi dunia kerja dan menjalani kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar. Oleh karena itu Politeknik Pelayaran Surabaya melalui jajaran Pusat Pembangunan Karakter khususnya Unit Psikologi mengadakan kegiatan Cadet Character Class (CCC) yang merupakan kegiatan untuk mengembangkan softskill Taruna/i Politeknik Pelayaran Surabaya. Kegiatan CCC resmi dibuka dengan meriah hari ini (10/02/2022) oleh Bapak Capt. Sugiyono, M.M.Tr., M.Mar selaku Direktur Polieknik Pelayaran dan dihadiri oleh seluruh peserta CCC yaitu Taruna/i muda. Tujuan diadakannya Cadet Character Class ini adalah

  1. Taruna/i Politeknik Pelayaran Surabaya mampu mengembangkan softskill selain hard skill yang sudah didapat pada pembelajaran atau perkuliahan di kelas sehari-hari. Karena sesuai dengan PK.02 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan bahwa ada 7 sofskill yang dimiliki Taruna/i. Sehingga merupakan kewajiban kami untuk mengimplementasikan apa yang sudah tertulis di pedoman.
  2. Taruna/i memiliki pengetahuan dan keterampilan dan mengimplementasikan 4 karakter yang akan dilatihan yaitu interpersonal skill, toleransi dan kerjasama, pengelolaan emosi serta tanggung jawab. Empat jenis soft skill ini diambil sebagai goal setting CCC pada kali ini karea sesuai dengan Pedoman Pegasuhan Taruna Politeknik Pelayaran Surabaya bahwa target softskill Taruna semester 1 adalah 4 hal diatas.

Acara CCC diadakan secara daring dengan output yaitu sertifikat dan nilai 4 karakter yang dilatihkan.  Taruna/i akan diberi pemahaman mengapa softskill sangat penting untuk dikembangkan dan akan mempraktekkan masing-masing materi. Meskipun kegiatan CCC dilakukan secara daring, namun diharapkan tidak akan mengurangi makna atau esensi dari kegiatan tersebut. Kegiatan CCC yang dilaksanakan seacara sinkron adan asinkronus akan berisi kegiatan ice breaking, pemberian inti materi, eksplorasi konsep, proyek dan juga report sebagai bentuk implementasi materi yang diberikan. Sehingga Taruna/i tidak hanya mendapatkan materi namun juga mempraktekkan karakter atau materi  yang diajarkan melalui project yang diberikan. Kegiatan CCC akan diikuti oleh 444 Taruna/i semester 1 atau Taruna/i muda. Kemudian kegiatan CCC ini akan berlangsung mulai bulan Februari sampai dengan April 2022. Pelaksanaannya diadakan setiap hari Minggu dan mengusung 4 tema karakter yang akan dilatihkan yaitu interpersonal skill, toleransi dan Kerjasama, pengelolaan emosi serta tanggung jawab. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan CCC ini dapat mendukung Taruna/i menjadi SDM Perhubungan yang berkarakter dan unggul di bidang transportasi laut serta mampu bersaing secara global. Jadi, untuk Taruna/i Poltekpel ikuti, pahami dan resapi materi yang diberikan di kegiatan CCC dan jadilah SDM Perhubungan yang unggul di bidang transportasi laut! Semangat! (ARP)