BUPATI GRESIK MELEPAS 143 PESERTA DPM POLTEKPEL SURABAYA

14
Oct 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 60x

Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, S.E., melepas 143 peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya yang berasal dari masyarakat Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik, untuk mendapat pelatihan keselamatan pelayaran yang digelar Poltekpel Surabaya pada Selasa (27/09/2022) lalu. Program tersebut untuk menyukseskan program nawa cita butir kelima, terkait peningkatan hidup manusia melalui peningkatan kualitas Pendidikan dan pelatihan sebagai upaya membuka kesempatan untuk bekerja di kapal.

143 peserta tersebut akan bergabung bersama peserta DPM Poltekpel Surabaya lainnya yang berasal dari wilayah lain di Jawa Timur dan Bali. Diklat yang akan mereka ikuti diantaranya, Basic Safety Training (BST), Security Awareness Training (SAT), dan Advance Fire Firghting (AFF) sebagai syarat minimal untuk dapat bekerja di kapal. Mereka akan mengikuti diklat tersebut mulai tanggal 27 September sampai dengan 13 Oktober 2022.

Saat upacara pelepasan peserta, Bupati Gresik mengatakan program tersebut menjadi kesempatan yang bagus, dalam rangka peningkatan SDM khususnya di sektor kelautan. Ia berharap setelah pelatihan tersebut, akan membuka peluang bagi SDM di pulau Bawean, khususnya Kecamatan Tambak, untuk diterima di perusahaan dan kapal di Indonesia. Selanjutnya setelah diklat tersebut, diharapkan para anak daerah di pulau terluar Kabupaten Gresik ini mampu segera diakomodir dan terserap di kapal-kapal perusahaan untuk mendukung pelayaran nasional. (RA)