DIKLAT TOT IMO MODEL COURSE 6.09 DIGELAR DI POLTEKPEL SURABAYA

27
Feb 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 207x

Senin (27/02/2023) pagi, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menggelar Pembukaan Training Course for Instructor, Training for Trainer IMO Model Course 6.09 atau yang sering disebut T.O.T 6.09. Diklat ini merupakan diklat bagi para pengajar/instruktur untuk meningkatkan kualitas para instruktur yang bersumber dari model pelatihan International Maritime Organization (IMO).

Diklat TOT 6.09 Poltekpel Surabaya kali ini diselenggarakan mulai tanggal 27 Februari hingga 7 Maret 2023. KBM diklat ini berlangsung secara hybrid, dimana para peserta mendapat materi teori secara daring namun prakteknya wajib secara luring. Pada periode ini, diklat ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, baik pengajar, tenaga kependidikan, maupun pelaut yang ingin meningkatkan SDMnya.

Diklat TOT 6.09 dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelatihan PPSDMPL, Dr. Eko Nugroho Widjatmoko, MM, M.Mar.E. Dalam sambutannya, beliau mengatakan Diklat International Maritime Organization (IMO) sangat penting bagi para instrukstur guna meningkatkan kualitas mengajar para instruktur. Diklat yang bersumber dari model pelatihan International Maritime Organization (IMO) ini dipandu oleh nara sumber yang masing-masingnya akan menjelaskan mengenai kompetensi yang diperlukan instruktur terkait pengajaran dan bahan ajar yang dibutuhkan.

Sebelumnya, Direktur Poltekpel Surabaya yang diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Poltekpel Surabaya, Slamet Riyadi, M.Si, M.Mar, menyampaikan laporan kegiatan diklat. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiatif Direktur Poltekpel Surabaya yang memiliki harapan agar para instruktur memiliki modal pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kompetensi mengajar, khususnya untuk standar sertifikasi pelatihan dan pengawasan bagi pelaut. (RA)