Dirjen Bea Cukai Kirim Pegawai Ikut Diklat di Poltekpel Surabaya

23
Feb 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 50x

Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terkait dengan pengawasan laut, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) Advance Fire Fighting (AFF). Pelatihan awak kapal bersertifikat keterampilan AFF tersebut diikuti sebanyak 38 pegawai Dirjen Bea Cukai dan dilaksanakan pada 16 – 21 Februari 2023. Lokasi kegiatan diklat AFF tersebut bertempat di Poltekpel Surabaya.

Diklat keterampilan AFF ini merupakan keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap personil yang hendak bertugas di atas kapal patroli dan atau speedboat patroli baik sebagai awak kapal maupun anggota satgas patroli laut (komandan patroli, asisten komandan patrili maupun anggota satgas lainnya). Sertifikat diklat keterampilan AFF ini merupakan sertifikat yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki kemampuan dalam memadamkan api. Tingkat kemampuan yang dimiliki sudah advance, bukan lagi pemula. Seseorang yang telah memiliki sertifikat ini artinya telah menguasai kemampuan dalam mengidentifikasi sumber api dan memadamkannya. Selain itu juga dianggap memiliki kompetensi untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Practice makes perfect, itulah gagasan yang dipedomani para peserta diklat kerjasama bagi pegawai Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang berkesempatan ikut diklat di Poltekpel Surabaya. Selain diklat keterampilan AFF, Dirjen Bea dan Cukai juga bekerja sama dengan Poltekpel Surabaya untuk menyelenggarakan diklat Rating Dinas Jaga Kapal Negara Dek dan Mesin.

Diklat kerjasama ini merupakan implementasi bentuk kerjasama antara Poltekpel Surabaya dengan Dirjen Bea dan Cukai dalam pengembangan skill dan kompetensi SDM di lingkungan Dirjen Bea dan Cukai dalam beberapa tahun terakhir. Selalu utamakan keselamatan ya! Safety always comes first! (RA)