JUARA 5R DAN 5S LAGI, JURUSAN TEKNIKA SIAP GENJOT KINERJA

1
Oct 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 122x

Jurusan Teknika Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, kembali meraih juara 1 dalam Kompetisi Program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Poltekpel Surabaya tahun 2021. Gelar ini diberikan kepada unit kerja tersebut setelah berhasil mempertahankan komitmen penerapan 5R dan 5S melalui penerapan prinsip-prinsip untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja serta pelayanan terbaik.

Hal ini tentu menjadi motivasi bagi unit kerja lain di lingkungan Poltekpel Surabaya dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi pekerja sehingga bisa berimbas pada meningkatnya produktifitas dan kinerja perusahaan secara umum. Oleh karena itu, tim redaksi Media Poltekpel Surabaya telah merangkum perbincangan dengan pimpinan unit kerja tersebut. Berikut ini rangkuman obrolan tim redaksi dengan Ketua Jurusan Teknika Poltekpel Surabaya, Monika Retno Gunarti, M.Pd., M.Mar.E.

T (Redaksi): Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat untuk Jurusan Teknika atas kemenangan ini, bagaimana perasaan ibu mewakili rekan-rekan di Jurusan Teknika setelah menerima penghargaan?

J (Kajur Teknika): Alhamdulillah, terima kasih. Tentu saja kami senang sekali bisa kembali mendapat gelar tersebut, sebagai pemenang pada tahun 2020 kami memiliki beban yang lebih berat karena kata orang, merebut kemenangan lebih mudah daripada mempertahankan.

T: Bagaimana sebenarnya upaya ibu dalam mempertahankan gelar terbaik ini bu?

J: Tidak ada upaya khusus tetapi saya dan kawan-kawan berusaha konsisten dan membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan di ruangan kerja. Kalau sudah terbiasa, saya yakin tidak harus menunggu dinilai dahulu agar terlihat bersih.

T: Apa ada pembagian tugas khusus bagi rekan-rekan di Jurusan Teknika bu?

J: Iya memang ada, kami membuat jadwal tim piket khusus semua staf di Jurusan Teknika setiap harinya. Tugas tim piket itu ya menjaga kerapihan, kebersihan, di meja dan seluruh ruangan sebelum pulang kerja. Termasuk mematikan AC maupun segala benda elektronik sebelum pulang kerja.

T: Untuk tahun depan pasti akan lebih ketat persaingannya, apakah sudah ada rencana inovasi Jurusan Teknika yang akan dilakukan bu?

J: Kalau tahun 2020 kami berinovasi merapikan daftar taruna aktif dari tingkat awal hingga akhir, namanya terpampang di papan dan juga ada fotonya. Tahun 2021 karena diberlakukan Work From Home (WFH) jadi kami hanya merapikan loker-loker dan diberi nametag setiap lokernya. Sedangkan tahun ini belum ada rencana tetapi kami masih tetap membiasakan diri untuk lebih konsisten menerapkan 5R dan 5S.

T: Bagaimana pesan-pesan ibu untuk memotivasi rekan kerja maupun unit kerja lain untuk penerapan 5R dan 5S?

J: Saya ingin mengajak semuanya untuk membiasakan diri dan menerapkan 5R dan 5S ini karena benar-benar memudahkan dan menyamankan kita dalam berkarya. Contohnya dengan menerapkan 5R, maka dokumen akan lebih tertata rapi dan bisa lebih cepat ketemu kalau dicari, kalau ruangan bersih pasti kerja akan lebih nyaman. Kalau menerapkan 5S ya budaya ‘teriak-teriak’ dalam memberi layanan ke peserta diklat/taruna sudah tidak jamannya, saya selalu meminta rekan-rekan di Jurusan Teknika untuk selalu melayani peserta diklat dengan baik dan sopan.

T: Baik terima kasih atas informasi dan waktu yang diluangkan ya Bu Ketua Jurusan Teknika. Semoga bisa berfaedah bagi rekan-rekan lainnya.

J: Aamiin. Terima kasih kembali.

Sesuai dengan yang disampaikan Ibu Monika, tujuan penerapan 5R dan 5S memang untuk memberi kemudahan dan kenyamanan, tidak hanya untuk pribadi yang menerapkan tetapi juga bagi orang-orang dan lingkungan sekitarnya. So, mari kita biasakan menerapkan 5R dan 5S. (RA)