Jumat Berkah Bagi POLTEKPEL Surabaya, Terima Arahan dan Motivasi dari Kepala PPSDM Perhubungan Laut

21
Jan 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 61x

Kepala Pusat Pengembang SDM Perhubungan Laut, Bapak Amiruddin, M.M. memberikan pengarahan sekaligus motivasi kepada pegawai dan taruna/i Semester III POLTEKPEL Surabaya yang memang sedang menjalani pembelajaran tatap muka di Kampus Politeknik Pelayaran Surabaya. Rangkaian kegiatan pengarahan yang diselenggarakan pada Jumat sore (21/01/2022) ini diawali sambutan oleh Wakil Direktur (Wadir) I Surabaya, Bapak Soleh Uddin, S,SiT.,M.M. Jelang ujian akhir semester, Wadir I memberikan pesan kepada taruna/I Semester III ini untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan tugas belajar di dalam kampus. “Kalian telah melakukan PJJ sekian lama, dan sekarang pembelajaran tatap muka. Tentunya kalian menggunakan kesempatan sebaik-baiknya agar kalian nantinya bisa siap menghadapi akan prala dan prada”, lanjut Wadir I.

Bapak Soleh Uddin, S,SiT.,M.M pun menerangkan kepada Kapus PPSDMP Laut bahwa Taruna/i yang berada di asrama kampus ini telah melaksanakan masa orientasi disiplin (MOD) kembali setelah hampir 1 tahun mereka melakukan pembelajaran jarak jauh. Langsung pada pengarahan dari Kepala PPSDMP Laut, namun sebelumnya beliau meminta atraksi yel-yel dari Taruna/i POLTEKPEL Surabaya. Karena beliau yakin bahwa Taruna/i sekolah perhubungan memiliki ciri khas masing-masing, salah satunya pada yel-yel. Semangat dari Taruna/i ini membuat suasana Gedung Auditorium POLTEKPEL Surabaya menjadi pecah dan ramai. Rasa kantuk dan lelah, seperti lenyap dari diri mereka. “Dari yel-yel saja, kita sudah yakin bahwa ini pantas dikatakan Taruna/i ber-PRESTASI”, ujar Kepala PPSMDP Laut.

Melalui pengarahan, kepada PPSDMP Laut memberikan motivasi yang menjadi dasar cikal-bakal menuju kesuksesan dan meminta kepada taruna/i untuk menemukan jati diri. “Di usia 28 kalian akan melihat jati diri sendiri. Dan di usia pasti kalian mengalami perubahan. Jika di usia 28 kalian masih belum berubah, koreksi ada apa. Saya yakin bahwa kalian sebelum usia 28 sudah mendapatan  siapa diri saya”, tegas Kepala PPSDMP Laut. Adanya perubahan dan perkembangan teknologi yang sangat cepat, menjadi sesuatu yang mutlak dan tidak bisa ditawar lagi. Sebagai manusia mau-tidak mau, harus bisa mengimbangi percepatan teknologi.

Penyampaian arahan dari kepala PPSDMP Laut ini tidak berlangsung lama, beliau memilih untuk membuka sesi tanya-jawab dengan para taruna/i POLTEKPEL Surabaya agar lebih interaktif dan tidak monoton komunikasi satu arah. Meskipun waktu terus berjalan menuju arah sore hari, ternyata antusias dan rasa kepengetahuannya taruna/i justru semakin berebut untuk bertanya langsung kepada Kepala PPSDMP Laut. Mulai dari pertanyaan bagaimana kiat-kiat menjadi seorang pelaut yang sukses seperti Bapak Amiruddin, M.M. hingga menanyakan keberlangsungan karir dan nasib para pelaut jika saat ini semakin banyak pekerjaan yang bisa dikendalikan melalui jarak jauh. Mendengar sekian pertanyaan yang ditujukan kepada beliau, semakin yakin bahwa generasi milenial saat ini memiliki pola piker yang cerdas dan kritis. Tentunya pertanyaan-pertanyaan yang beliau terima, diberikan penjelasan beserta solusi. Kepala PPSDMP Laut pun berharap kepada pegawai dan seluruh sivitas akademika POLTEKPEL Surabaya untuk terus membantu, mendukung, dan menjembatani proses pembelajaran Taruna/i selama di dalam kampus maupun yang melalui PJJ.

Berkunjungan ke kampus pelayaran Bumi Gunung Anyar ini, tidak cukup jika hanya memberikan pengarahan motivasi kepada taruna/i dan pegawai POLTEKPEL Surabaya. Dengan didampingi Wadir I dan Wadir III yang bertanggungawab pada bidang akademis dan ketarunaan, Kepala PPSDMP Laut juga berkeliling area sekitar kampus untuk melakukan pemantau sarana dan fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran akademis maupun fisik.

Dimana ada pertemuan, disitu lah akan ada perpisahan. Dengan berakhirnya pengarahan dari Bapak Amiruddin, M.M. , selaku Kepala PPSDMP Laut, sesi foto bersama menjadi jurus andalan untuk menjadi obat kerinduan. Tidak hanyak Bapak Amiruddin, M.M. saja yang melakukan foto bersama, Ibu Ida Amirudin pun turut serta foto bersama dengan para taruna/i yang telah unjuk diri melalui seni gamelan. (DW)