KEMENHUB MELANTIK 1875 LULUSAN POLBIT JADI CPNS

27
Oct 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 292x

Kementerian Perhubungan menggelar Upacara Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi di Lapangan Monas, Jakarta, pada hari Selasa (25/10/222). Pada kesempatan ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir bertindak selaku inspektur upacara. Hadir juga dalam kesempatan tersebut bapak Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhajir Efendi,  Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Azwar Anas, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate dan sejumlah pejabat teras Kemenhub dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Menteri Budi karya Sumadi mengatakan, Perwira Transportasi merupakan lulusan dari program Pola Pembibitan (Polbit);dari Sekolah Tinggi dan Politeknik di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Polbit merupakan Program pendidikan taruna/taruni Kementerian Perhubungan dalam rangka mengisi jabatan Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Perhubungan dengan kompetensi teknis transportasi yang formasinya telah ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Penetapan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara dan siap menjadi CPNS Kementerian Perhubungan.

“Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi Tahun 2022 dengan tema “Dharma Baktiku Menghubungkan Indonesia”. Menghubungkan Indonesia adalah upaya merajut konektivitas sebagai komitmen Kementerian Perhubungan dalam menjalin konektivitas serta aksesibilitas transportasi agar masyarakat semakin mudah dalam bermobilisasi. Selain bermanfaat bagi masyarakat, konektivitas dan aksesibilitas juga berperan krusial dalam mempercepat perkembangan ekonomi nasional.” Ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

“Saya sangat bangga dengan anak-anak yang sudah menempuh pendidikan yang tidak mudah. Kita harapkan mereka melakukan yang terbaik. Harus diingat, kita harus memikirkan untuk melayani dengan ramah dan dengan hati. Karena pandai dan terampil tidak cukup untuk berhasil,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Perwira Transportasi yang dilantik berasal dari berbagai Program Studi Diploma III dan Diploma IV Polbit pada Sekolah Tinggi dan Politeknik di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan sebanyak 1875 (seribu delapan ratus tujuh puluh lima) orang yang telah diwisuda pada bulan September 2022. 111 (seratus sebelas) orang diantaranya merupakan lulusan dari Politeknik Pelayaran Surabaya.

Sebanyak 36 orang menjadi CPNS di Inspektorat Jenderal,  347 orang di Ditjen Perhubungan Darat, 480 orang di Ditjen Perhubungan Laut, 504 orang di Ditjen Perhubungan Udara. Selanjutnya144 orang di DitjenPerkeretaapian, 40 orang di Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), 287 orang di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), dan 37 orang di Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans).