Kepala BPSDM Perhubungan Buka Madatukar Tahun 2016 Di Puslatpur 4 Purboyo Malang

24
Aug 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 152x

MALANG (Beritatrans.com) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM Prhubungan) DR Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si, membuka Masa Dasar Pembentukan Karakater (Madatukar) Taruna Transportasi Tahun 2016 di Puslatpur 4, Purboyo, Malang, Jawa Timur, Selasa (23/8/2016).

Madaturkar-PIN-553x400

“Madatukar Taruna Transportasi Badan Pengembangan SDM Perhubungan Tahun 2016 terselenggara atas hasil kerja sama BPSDM Perhubungan dengan Komandan Kormar TNI-AL dan pimpinan serta jajaran Komando Latihan Marinir (Kolatmar) TNI-AL,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, di Malang.

Seperti diketahui, kegiatan Madatukar Taruna Transportasi BPSDM Perhubungn diikuti lebih dari 2.750 orang taruna. Mereka adalah taruna transportasi baru hasil Sipencatar tahun 2016. Taruna baru ini akan belajar berbagai disiplin ilmu di empat matra transportasi yang berbeda, yaitu matra darat, laut, udara dan kereta api (KA).

Dikatakan, pendidikan dan pelatihan (diklat) secara terencana dan terintegrasi akan dapat mengentaskan serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara komprehensif sehingga dapat menjawab dan bertindak secara lugas dan tepat dalam mengatasi permasalahan terkini.

“Tantangan disektor transportasi yang menempati posisi strategis dalam Rencana Jangka Menengah dan Panjang Pembangunan Nasional. Konsekuensinya, BPSDM Perhubungan melalui seluruh kampus di bawahnya harus mampu menidik dan menyiapkan SDM transportasi yang lebih dibandingkan sebelumnya,” jelas Tommy, sapaan akrab dia dalam sambutan tertulis yang diterima Beritatrans.com.

BPSDM Perhubungan, papar dia, harus dapat merubah pola pikir atau mindset nya untuk senantiasa bekerja keras melaksanakan pengabdian kepada Bangsa dan Negara di bidang diklat, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.

“Mereka juga harus memiliki nilai tambah yang tentunya akan mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan keselamatan dibidang transportasi,” kata Tommy lagi.

Kualitas SDM di bidang transportasi yang baik akan sangat menentukan keberhasilan arah pembangunan nasional. Mereka itu adalah sosok SDM yang memiliki disiplin, loyalitas, integritas, rasa bangga bila organisasinya berkinerja baik.

“Selanjunya, mereka mampu bekerjasama dengan orang lain adalah tuntutan yang harus dimiliki oleh setiap lulusan Diklat Pembentukan Taruna Transportasi. Selain itu dari setiap warga Negara juga harus memiliki kecintaan terhadap tanah air, rela berkorban untuk Negara serta mampu berperan aktif sebagai perekat dan pemersatu bangsa, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,” tandas mantan Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi itu.

Madatukar-Taruna-Transportasi-553x400

Kawah Candra Dimuka

Madatukar taruna transportasi BPSDM Perhubungan akan dilaksakan selama satu bulan lamanya. “Saudara akan ditempa selama 1 (satu) bulan di kawah Candra Dimuka, Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Korps Marinir 4 Purboyo, Malang, Jawa Timur,” sebut Tommy.

“Diklat ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab serta jiwa korsa yang tinggi dan menjadi bekal Saudara untuk melanjutkan tugas yang diemban hingga pada akhirnya Saudara menjadi seorang Patriot Bangsa,” harap Tommy.

Tommy berharap saudara dapat mengikuti Diklat Madatukar ini dengan sebaik-baiknya dan mematuhi seluruh petunjuk dari para instruktur dan fasilitator, agar diklat ini dapat terlaksana dengan selamat, tertib dan lancar.

14124336_10206270127064920_5279760284186605001_o

“Seraplah setiap materi yang diberikan seoptimal mungkin sehingga Saudara-Saudara akan mendapatkan manfaat yang terbaik untuk menjadi Insan Perhubungan yang selalu mengamalkan Lima Citra Manusia Perhubungan,” tegas Tommy.(helmi)