KEPALA KSOP UTAMA TANJUNG PERAK LANTIK PERWIRA TRANSPORTASI KAPAL NIAGA TINGKAT I, II, DAN III POLTEKPEL SURABAYA

28
Nov 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 92x

Selasa (28/11/2023) lalu Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya kembali menggelar Upacara Bon Voyage bagi Perwira Transportasi Kapal Niaga di Arctic Auditorium Poltekpel Surabaya. Kali ini yang dilantik sejumlah 236 orang dari Tingkat I, II, dan III yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan dan pelatihan di Poltekpel Surabaya.

Dengan didampingi keluarga masing-masing yang turut menyaksikan dari tribun penonton di auditorium maupun melalui live streaming kanal media sosial Poltekpel Surabaya di Youtube dan Instagram, terlihat paras bahagia dan bersukacita dari para Perwira Transportasi Kapal Niaga yang dilantik pada Bon Voyage yang bertema “Realizing Sustainable Professional Seafarer” ini.

Hadir sebagai inspektur upacara, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto, MM. Di mimbar upacara, Capt. Heru, sapaan akrab Kepala KSOP Utama Tanjung Perak yang juga mantan Direktur Poltekpel Surabaya ini didampingi oleh Direktur Poltekpel Surabaya, Bapak Moejiono, MT, M.Mar.E, serta Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan (BAAK) Poltekpel Surabaya, Dr. Capt. Mustamin, M.Pd, M.Mar, serta jajaran manajemen Poltekpel Surabaya. Selain itu,turut hadir pada acara bon voyage tersebut para tamu undangan VVIP, diantaranya perwakilan Kepala Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Surabaya, Kapolrestabes Surabaya, Kapolsek Gunung Anyar, Danramil Rungkut, Camat dan Lurah Gunung Anyar, serta Dewan Pengawas Poltekpel Surabaya.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Perhubungan yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan Laporan Pendidikan yang disampaikan oleh Direktur Poltekpel Surabaya, yang menyebutkan diantaranya:

  1. Jumlah Perwira Transportasi Kapal Niaga Diklat Peningkatan Tingkat I periode Juni – Oktober 2023 sebagai berikut :
  2. Bidang Keahlian Nautika sebanyak 56.
  3. Bidang Keahlian Teknika sebanyak 4
  4. Jumlah Perwira Transportasi Kapal Niaga Diklat Peningkatan Tingkat II periode Januari – September 2023 sebagai berikut :
  5. Bidang Keahlian Nautika sebanyak 44.
  6. Bidang Keahlian Teknika sebanyak 45.
  7. Jumlah Perwira Transportasi Kapal Niaga Diklat Peningkatan Tingkat III periode Februari – Juli 2023 Bidang Keahlian Nautika sebanyak 2
  8. Jumlah Perwira Transportasi Kapal Niaga Diklat Peningkatan Tingkat III periode Mei – Oktober 2023 Bidang Keahlian Teknika sebanyak 19.
  9. Jumlah Perwira Transportasi Kapal Niaga Diklat Peningkatan Tingkat III periode Maret – November 2023 Bidang Keahlian Nautika sebanyak 8.

Sehingga Jumlah Perwira Transportasi Kapal Niaga Diklat Peningkatan Tingkat I, II, dan III yang telah menyelesaikan diklat sebanyak 236 orang.

Dalam sambutannya, Kepala KSOP Utama Tanjung Perak menuturkan bahwa para Perwira Transportasi Kapal Niaga ini merupakan perwira terbaik yang telah menyelesaikan seluruh program diklat yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku pada IMO Model Course. Beliau juga menjelaskan maksud tema Bon Voyage “Realizing Sustainable Professional Seafarer” mencerminkan komitmen para pelaut untuk mencapai tingkat profesionalisme yang tinggi dalam industri maritim, tetapi juga menyoroti keharusan untuk melibatkan diri dalam upaya menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan utamanya lingkungan laut. Sebagai perwira transportasi laut, tanggung jawab para perwira transportasi kapal niaga tidak hanya terletak pada aspek teknis dan operasional, tetapi juga pada pemahaman mendalam dalam menjaga lingkungan laut dan mengembangkan sektor maritim Indonesia. Terakhir beliau berpesan agar para perwira transportasi kapal niaga selalu menjadi pelaut yang bertanggung jawab, yang memprioritaskan praktik ramah lingkungan dalam setiap aspek pekerjaan dan menjadi teladan bagi orang lain, serta selalu berusaha menciptakan perubahan positif dalam industri maritime. (RA)