PENTINGNYA PERAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG TRANSFORMASI BPSDM PERHUBUNGAN

27
May 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 166x

Kamis (27/05/2021) siang, para dosen dan tenaga kependidikan (tendik) Aparatur Sipil Negara (ASN) bergegas berkumpul di ruang Auditorium Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya. Mereka berantusias untuk mengikuti Pengarahan dosen dan tendik oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) yang kala itu sedang melawat ke Kampus Poltekpel Surabaya.

Meskipun dilaksanakan secara luring namun protocol kesehatan masih tetap dijaga oleh para peserta yang hadir di ruangan tersebut, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, maupun menjaga jarak duduk antar ASN yang hadir.

Dalam pengarahannya kali ini, Kepala PPSDMPL, Capt. Sahattua P. Simatupang, MM, MH, menyampaikan bahwa pentingnya ASN khususnya para Dosen/Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut agar memiliki kompetensi untuk mencetak para taruna yang handal dan profesional.

Ada 5 (lima) kompetensi dasar yang harus dimiliki meliputi Knowledge, Skill, Understand, Attitude, dan Value. Knowledge berupa informasi yang diperoleh melalui pembelajaran maupun informasi yang berasal dari sumber lain, Skill berupa keahlian atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang. Understand merupakan pemahaman atas pembelajaran dan kemampuan yang diperoleh, sedangkan Attitude ialah sikap atau perilaku sehari-hari mulai dari cara bertindak, berbicara dan memperlakukan orang lain, maupun menerapkan segenap pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki. Dan yang terakhir adalah Value yaitu pemahaman akan nilai yang terkandung, ajaran tetang baik atau buruknya perbuatan dan perilaku.

Kepala PPSDMPU juga berharap dalam melaksanakan pekerjaannya, seluruh dosen dan tendik harus memiliki Time Management yang baik agar mampu mengorganisir SDM dan sarana prasarana dalam pembelajaran. Beliau juga berpesan agar seluruh pihak memiliki visi untuk turut memikirkan masa depan anak didik serta lulusannya ketika On Sea Service dan Post Sea Service. Supaya para lulusan dari Poltekpel Surabaya dapat terus memberikan kontribusinya baik melalui pelayanan di laut maupun di darat.

Kegiatan ini ditutup dengan acara foto bersama dengan para peserta yang hadir, baik dari jajaran PPSDMPL maupun jajaran di lingkungan Poltekpel Surabaya, para dosen serta tenaga kependidikan.