SOSIALISASI PERGURUAN TINGGI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN 2024, POLTEKPEL SURABAYA KENALKAN PENDIDIKAN UNGGUL UNTUK JADI GENERASI EMAS

14
Mar 2024
Category : Berita 2024
Author : Admin Poltekpel
Views : 45x

Memasuki Tahun Akademik 2024, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawahnya gencar melaksanakan sosialisasi terpadu kepada masyarakat tentang penyelenggaraan program Pendidikan di Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang berbagai pilihan pendidikan tinggi di bidang transportasi yang tersedia di bawah naungan Kemenhub. Selain itu, acara yang dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia ini diselenggarakan untuk memperkenalkan dunia akademik ketarunaan dari matra darat, laut, dan udara yang ada di lingkungan BPSDMP Kemenhub, sekaligus meningkatkan minat para siswa-siswi SMA dan SMK untuk bergabung menjadi calon taruna/i di lingkungan BPSDMP Kemenhub.

Salah satu lokasi penyelenggaraan Sosialisasi Perguruan Tinggi Kemenhub ini adalah Kota Malang. Jumat (08/03) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya bersama dengan Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya serta Balai Pendidikan dan  Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Mempawah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Terpadu Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan di Mahameru Hall Hotel Aria Gajayana Malang yang dihadiri oleh ratusan siswa-siswi perwakilan dari SMA dan SMK di wilayah Malang raya. Sekitar 60 SMA/SMK dari wilayah Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang mengirimkan guru pendamping dan siswa/i-nya untuk mengikuti kegiatan ini.

Acara dibuka oleh sambutan dari Direktur Poltekpel Surabaya yang diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan (BAAK), Bapak Dr. Capt. Mustamin, M.Pd., M.Mar., dan dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota Batu, Ibu Dr. Hj. Hastini Ratna Dewi, M.Pd. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan 22 perguruan tinggi Kementerian Perhubungan oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan PPSDMPL, Bapak Arizal Hendriawan, M.Sc., serta pengenalan perguruan tinggi perwakilan ketiga matra yang hadir pada sosialisasi ini. Diantaranya matra darat diwakili oleh Dosen Lektor Kepala PPI Madiun, Ibu Septiana Widi Astuti, S.Si., M.T., matra laut diwakili oleh Kepala BAAK Poltekpel Surabaya, Bapak Dr. Capt. Mustamin, M.Pd., M.Mar., dan matra udara diwakili oleh Kepala BAAK Poltekbang Surabaya, Ibu Quirina AP Mintje.

Kepala BAAK Poltekpel Surabaya, Bapak Dr. Capt. Mustamin, M.Pd., M.Mar., menjadi perwakilan Poltekpel Surabaya dalam kegiatan sosialisasi yang turut menjawab dan memberikan wawasan kepada para siswa-siswi yang bertanya seputar Perguruan Tinggi Kemenhub, khususnya matra laut. Para siswa mendapatkan informasi mengenai program studi, biaya pendidikan, prospek kerja, dan persyaratan pendaftaran di berbagai perguruan tinggi Kemenhub. “Persiapkan diri kalian sebaik mungkin jika ingin masuk ke Perguruan Tinggi Kemenhub, dan saat ini Poltekpel Surabaya telah membuka pendaftaran jalur Mandiri bagi para calon taruna yang ingin bergabung dan menjadi bagian dari generasi emas”, pesan Bapak Mustamin kepada para siswa.

Setelah sesi paparan dan diskusi, acara dilanjutkan dengan sharing session bersama taruna/i aktif Poltekpel Surabaya, PPI Madiun, dan Poltekbang Surabaya. Acara tersebut juga dihadiri alumni perwakilan ketiga matra yang ikut memberikan testimoni yang disambut antusiasme yang tinggi dari para peserta.

Acara makin meriah ketika tiba sesi permainan Kuis Kahoot dimana para peserta berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan seputar Sosialisasi Perguruan Tinggi Kemenhub secara cepat dan tepat. Panitia telah menyiapkan puluhan hadiah untuk dibagikan kepada para peserta yang beruntung. Selain penyerahan hadiah bagi 5 terbaik pemenang kuis, pembagian hadiah bagi para penanya dan peserta yang hadir paling awal sekaligus menutup rangkaian acara pada Sosialisasi Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan di Kota Malang. (RA)