Kuliah Umum “Sharing Experience Professional, Integrity and Trusty for Lecturers and (Polbit) Cadets” By Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H.

1
Feb 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 82x

Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya kembali menyelenggarakan kuliah umum guna memberikan peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi para tarunanya. Pada kesempatan kali ini, narasumber yang menyampaikan materi pada kuliah umum adalah Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H. Beliau menjabat sebagai Inspektur IV pada Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan.

Kegiatan kuliah umum ini diikuti oleh taruna semester II dan IV serta dilaksanakan di Gedung Arctic Auditorium milik Poltekpel Surabaya pada Rabu siang (31/1). Tema yang diusung kali ini adalah “Sharing Experience Professional, Integrity and Trusty for Lecturers and (Polbit) Cadets.

Acara dibuka dengan yel-yel taruna-taruni Poltekpel Surabaya yang menghangatkan suasana kuliah umum. Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Wakil Direktur (Wadir) I, ibu Renta Novaliana Siahaan, S. SiT., M.A. Dalam sambutannya beliau berharap dengan adanya kuliah umum ini dapat memberikan wawasan yang baru buat anda sekalian (taruna-taruni). “Saya yakin taruna dan taruni Poltekpel Surabaya mampu berusaha mengembangkan hal tersebut (soft skill, pemikiran kritis, komunikasi dan kreatifitas) untuk keberhasilan masing-masing. Ingat, tidak ada keberhasilan tanpa usaha yang keras.” Ujarnya.

Dalam materi kuliah dengan tema “Sharing Experience Professional, Integrity and Trusty for Lecturers and (Polbit) Cadets.” Capt. Sahattua memberikan materi tiga kunci sukses untuk berkarir, yaitu persaingan atau kompetisi, jaringan atau hubungan pertemanan yang luas dan risko. Untuk mengalahkan persaingan, kalian perlu mengembangkan keunggulan kompetitif yakni aset, aspirasi dan realitas pasar. Di dalam perguruan tinggi, kalian bisa dengan mudah membangun jaringan atau hubungan dengan mudah pada seluruh sivitas akademika, karena disana terdapat asrama, organisasi kemahasiswaan serta kelas. Akan tetapi, membangun jaringan di dunia nyata tidaklah mudah. Kalian harus lebih proaktif, karena setiap pekerjaan bermuara pada interaksi dengan orang lain. Selanjutnya tentang risiko, jangan menghindari resiko. Ambil dan beranilah mengambil resiko, hal ini akan memberikan keunggulan kompetitif. Prioritaskan rencana yang menawarkan kesempatan terbaik untuk belajar sendiri dalam pekerjaan. Jangan mengabaikan jalur karier hanya karena kalian terus mendengar betapa berisikonya itu. Hal tersebut akan selalu ada ketidakpastian tentang peluang dan risiko karir. Beranilah mengambil risiko dengan cerdas dan kalian akan menemukan peluang yang dilewatkan oleh orang lain.

Para peserta kuliah umum sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut yang berlangsung dari pukul 13.30 sampai dengan 15.30 WIB. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata, yang diberikan oleh bapak Slamet Riyadi, M.Si., M. Mar, selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketaruanan kepada Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H. Serta dilanjutkan dalam kegiatan foto bersama dengan seluruh sivitas akademika Poltekpel Surabaya. (asamy)