Luar Biasa! Taruna Poltekpel Surabaya Terima Sertifikat Kompetensi BNSP

19
Jan 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 144x

Untuk menyiapkan lulusan taruna yang berdaya saing, taruna program studi (prodi) Transportasi Laut, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya mendapatkan sertifikat kompetensi pada Selasa (17/01/2023). Tercatat sebanyak 87 taruna mendapatkan sertifikat kompetensi profesi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1) Poltekpel Surabaya.

Sertifikasi profesi dari BNSP memiliki tujuan untuk memastikan bahwa kompetensi seseorang yang telah diperoleh melalui pembelajaran, pelatihan, ataupun dari pengalaman kerja diakui secara hukum bahwa yang bersangkutan memang kompeten dalam bidangnya tersebut. Seseorang yang memiliki sertifikat kompetensi BNSP bisa memberikan pembuktian, bahwa kemampuan yang dimilikinya telah diakui oleh para penguji yang kompeten. Hal tersebut nantinya bisa menjadi nilai tambahan di sebuah perusahaan, meskipun seseorang itu masih fresh graduate.

Ketua LSP-P1, Dr. Trisnowati Rahayu, M. Ap., menjelaskan bahwa pelaksanaan uji komptensi 87 taruna tersebut dilaksanakan pada minggu ke-dua bulan Desember 2022. Adapun skema yang diujikan kepada taruna tersebut adalah Penerapan Prosedur Ekspor. Hasil dari ujian ini bukan LULUS atau TIDAK LULUS, melainkan KOMPETEN atau TIDAK KOMPTEN.

“LSP-P1 Poltekpel Surabaya telah merekomendasikan kompeten kepada 87 taruna prodi Transportasi Laut semester VII. Jadi, untuk saat ini taruna kita berhak untuk menerima sertifikat pengakuan dari BNSP atas hasil yang telah dilaksanakan oleh taruna, baik secara teori maupun prakti.” Ujar Dr. Trisnowati Rahayu, M. Ap.

Bertempat di Grand Meeting Room, sertifikat kompetensi tersebut diserahkan secara langsung oleh Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, M.M., kepada empat perwakilan taruna prodi Transportasi Laut. “Dalam uji kompetensi ini, kriterianya kompeten atau tidak kompeten. Ini mengandung makna yang cukup dalam. Seseorang yang dikatakan kompeten berarti sudah sangat mahir dan mumpuni di dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dilegalkan sertifikat ini.” katanya

Direktur Poltekpel Surabaya berharap agar dikemudian hari nantinya jajaran LSP beserta timnya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya akan lebih dari pada sekarang ini. “Terima kasih kepada Lembaga LSP-P1 Poltekpel Surabaya beserta timnya yang telah menginisiasi kegiatan ini dan ini merupakan peluncuran sertifikasi pertama di lingkungan Poltekpel Surabaya.” Ujar Heru Widada, M.M. (asamy)