Membangun Budaya Organisasi, POLTEKPEL Surabaya Adakan Kompetisi 5R Untuk Tiap Bagian

20
Aug 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 129x

1

Kebersihan dan kerapian merupakan nilai yang paling sederhana yang harus ada pada tempat kerja, dengan melihat tempat kerja yang rapi dan bersih harapnya dapat meningkatkan semangat dan kenyamanan pada tempat kerja. Konsep 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap karyawan dalam suatu perusahaan, dengan harapan pekerjaan yang dilakukan menjadi efektif dan efisien baik dari segi waktu, tenaga dan tempat kerja, sehingga tempat kerja yang secara tidak sadar akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk ditempati, dengan harapan lagi tempat kerja tersebut menjadi tempat kerja yang nyaman, aman, dan sehat.

Untuk itulah POLTEKPEL Surabaya membuat kompetisi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) pada setiap bagian di lingkungan POLTEKPEL Surabaya. Bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, kompetisi 5R dilaksanakan melalui monitoring, audit, dan penilaian 5R secara sistematis pada periode bulan Agustus 2018. Sebagaimana dijelaskan saat pelatihan 5R awal Agustus lalu mengenai hal-hal yang menjadi tolak ukur kriteria untuk memenangkan kompetisi tersebut, seluruh karyawan berlomba-lomba untuk menerapkan 5R pada masing-masing bagiannya. Untuk selanjutnya tim penilai mengakumulasi nilai-nilai dari hasil audit yang dilakukan oleh para pimpinan dan mendiskusikan bagian mana yang layak menjadi juara harapan hingga juara tertinggi.

2

Usai melakukan pengakumulasian nilai dan diskusi, pemenang kompetisi ini diumumkan setelah upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada Jumat (17/08/2018) pagi. Pada kesempatan tersebut, diumumkan bahwa Unit Perpustakaan dan Dokumentasi hadir sebagai juara 1 Kompetisi 5R periode Agustus 2018. Pemenang 5R tertinggi ini mendapatkan hadiah Piala Bergilir Juara 1, Piagam Pengahargaan, dan Reward berupa uang tunai senilai satu juta rupiah. Jurusan Teknika berhasil menjadi juara 2 berhak mendapatkan piala bergilir, piagam penghargaan dan uang tunai senilai Rp.750.000,-. Juara 3 diraih oleh Unit Layanan Pengadaan, selain piala bergilir dan piagam penghargaan, berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp.500.000,-. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni, juara harapan 2 yakni Unit Layanan Kesehatan, serta juara harapan 3 diraih oleh Divisi Pengembangan Usaha dan Kerjasama.