Metode Baru Pengumpulan Angka Kredit Dosen Melalui BKD pada SISTER Cloud

16
Oct 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 59x

Kewajiban rutin seorang Dosen memang mengumpulkan Angka Kredit (AK) demi jenjang karir jabatan fungsionalnya secara bertahap. Beberapa unsur kegiatan AK yang perlu dikumpulkan mulai dari pendidikan, pelaksanaan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan penunjang lainnya. Pengumpulan kegiatan yang menjadi poin penilaian AK, telah disediakan format formulir khusus dari Kemendikbudristek berupa Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK). Format berlaku bagi Dosen seluruh Indonesia, baik itu PTN, PTS, maupun Perguruan Tinggi Kementerian Lain (PT-KL) seperti Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya.

Namun, semakin banyak tanggung jawab yang harus diemban oleh para Dosen sehingga membuat terbengkalainya dalam menyusun DUPAK. Sseringkali ada beberapa kegiatan yang data dukungnya tidak tersimpan dengan rapi, bahkan terlupakan kapan tanggal pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan, para Dosen akan menyusun DUPAK apabila sudah mendekati masa tempo kenaikkan jabatan fungsionalnya saja. Untuk mengantisipasi kejadian yang sering dialami oleh seluruh Dosen, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek memunculkan aturan dan kebijakan baru, demi memudahkan para Dosen dalam mengumpulkan AK secara bertahap dengan periode per semester melalui pengisian Beban Kerja Dosen (BKD).

Kebijakan ini mengadaptasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN RB) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional. PermenPAN RB No 1 Tahun 2023 sendiri merupakan pembaruan dari PermenPAN RB Nomor 17 Tahun 2013 jo Nomor 46 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya. Makna singkat dari munculnya kebijakan tersebut adalah tidak akan lagi Dosen menyusun DUPAK, cukup melakukan pengisian BKD pada aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintergrasi (SISTER) berbasis Cloud yang pengisian dan penilaiannya dilakukan tiap semester ajaran.

Mulai September 2023, Ditjen Diktiristek mensosialisasikan BKD-SISTER Cloud secara daring, baik dari zoom meeting maupun kanal youtube. Sehingga seluruh Dosen dari berbagai Perguruan Tinggi dapat bergabung dan mengikuti sosialisasi tersebut, termasuk Dosen Fungsional Poltekpel Surabaya. Untuk mempermudah Dosen Fungsional Poltekpel Surabaya, Sub Bagian Administrasi Akademik Poltekpel Surabaya berkolaborasi dengan Kelompok Jabatan Fungsional Poltekpel Surabaya untuk mengadakan workshop Internal.

Workshop Pembaharuan Data SISTER, BKD, dan PAK ini diadakan selama dua hari  (16 – 17 Oktober 2023) secara luring di kampus II Poltekpel Surabaya. Pelaksanaan workshop dibuka langsung oleh Wakil Direktur I Poltekpel Surabaya, Capt. Renta Novaliana Siahaan, S.Si.T., M.M. dengan menghadirkan salah satu Tim Ditjen Dikti Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Bapak Jimmy, S.Kom., M.M. secara onsite sebagai narasumber pada sesi pertama dengan pengenalan dan pembahasan BKD yang menjadi isian SISTER berbasis Cloud. Rasa antusiasme terlihat dari para Dosen Poltekpel Surabaya yang turut menjadi peserta workshop BKD-SISTER Cloud kali ini dan terkesan lebih hidup karena mempraktekan langsung pada pengisian BKD beserta SISTER. Sehingga, apabila terdapat Dosen yang merasa kesulitan, dapat ditangani dan dipandu langsung oleh perwakilan Ditjen Dikti. Sebagai selingan waktu, penyelenggara workshop pun menghadirkan secara daring melalui zoom meeting dengan narasumber kedua dan ketiga pada hari pertama. Bersama ibu Citra Amitiurna, SS., M.Pd. MPA selaku Tim bidang karir ,kompetensi , dan kualifikasi dosen ptv dan sarpras pendidikan tinggi vokasi dan Bapak Rizky Tito Prasetyo yang merupakan satu tim dengan bapak Jimmy, S.Kom., M.M. Ditjen Dikti Pendidikan Vokasi dengan spesialis pengelola dan pengembang aplikasi SISTER Cloud.

Workshop hari kedua, yang biasanya peserta sudah menyusut rasa semangatnya, namun kali ini tidak berlaku bagi bapak-ibu Dosen Poltekpel Surabaya, walaupun dengan narasumber yang berbeda, dengan Dr. Saidna Zulfiqar Bin Tahir. Hari kedua workshop memang difokuskan pada trik-trik dan kiat cara menanggulangi bagaimana agar nilai BKD dapat memenuhi baik dari pelaksanaan periode kegiatan maupun jumlah sks. Jelang Selasa (17/10/2023) sore, agenda Workshop Pembaharuan Data SISTER, BKD, dan PAK ini resmi diakhiri oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan, Capt. Sidrotul Muntaha, M.Si., M.Mar. (DW).