Pelajari e-Government, Politeknik Pelayaran Surabaya Kunjungi Dinkominfo Surabaya

3
Apr 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 74x

Dinkominfo – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya kembali mendapat kunjungan dari berbagai institusi untuk mempelajari lebih dalam tentang e-Government. Bertempat di ruang rapat Dinkominfo, Selasa (3/4) rombongan disambut hangat oleh Yudho Febriadi, Kabid Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (eGov)  Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Alexander Hilmi Perdana Kasubag Keuangan Politeknik Pelayaran Surabaya selaku pimpinan rombongan saat menyampaikan tujuan kunjungan menjelaskan, Pemkot Surabaya dinilai telah melakukan lompatan luar biasa untuk melakukan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Alex menuturkan, pihaknya akan mengadopsi pengetahuan yang nantinya didapat.

Yudho menjelaskan untuk membangun smart city membutuhkan enam pilar. Salah satunya melalui good governance melalui e-Government. Pada awalnya e-Government di Surabaya didahului dengan membangun e-Procurement yang kini diadopsi secara nasional dengan nama LPSE.

Lebih lanjut Yudho menjelaskan terkait Musrenbang. Masyarakat dapat mengusulkan pembangunan paving, jalan, pelatihan dan sebagainya melalui aplikasi e-Musrenbang. Ketua RW memiliki login untuk memasukkan pengusulan dan pemantauan pada e-Musrenbang.

Terkait e-Budgeting Yudho menjelaskan, dengan memanfaatkan e-Budgeting dalam proses penyelenggaraan kita bisa lebih dimudahkan dalam proses pembuatannya dan pengawasannya. Kepala daerah dan teman-teman selaku penyelenggara bisa melakukan pemantauan belanja. Dalam aplikasi e-budgeting ini ada fitur juga yang memudahkan kita di dalam melakukan proses penganggaran jadi ada yang namanya ASP dan HSPK.

Masih menurut Yudho, persuratan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dilaksanakan melalui e-Surat. Pimpinan dapat menerima surat dan menandatangani surat. Proses disposisi juga dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan smartphone. Untuk memanggil kembali surat dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui fitur-fitur yang tersedia. (Pri)

Sumber : surabaya.go.id